Penulis Utama : Hanida Eris Griyanti
NIM / NIP : S861608007
×

Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan model pembelajaran sejarah yang selama ini berlangsung di SMA Negeri 3 Pemalang, (2) mendeskripsikan desain hasil pengembangan model pembelajaran sejarah berbasis nilai tradisi Baritan, (3) mendeskripsikan uji efektivitas model pembelajaran berbasis nilai tradisi Baritan.
Penelitian ini merupakan penelitian Pengembangan. Penelitian ini dilaksanakan untuk menghasilkan produk tertentu dan untuk menguji keefektifan produk tersebut. Dalam penelitian ini menggunakan pengembangan model ADDIE, ada sepuluh langkah tahapannya. Namun, sesuai dengan kebutuhan dan kondisi yang ada, tahapan tersebut disederhanakan menjadi tiga tahap yaitu, studi pendahuluan, pengembangan model pembelajaran dan tahap evaluasi. Analisis data pada tahap pendahuluan, dan pengembangan model dilakukan dengan pendekatan kualitatif yang dikembangkan oleh Miles & Huberman, sedangkan pada uji efektivitas dilakukan dengan kuasi eksperimen. Sumber data berasal dari guru, siswa dan proses pembelajaran. Teknik pengumpulan data dilaksanakan dengan cara tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Data kuantitatif dianalisis dengan bantuan SPSS 21.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Dalam pembelajaran masih kurangnya sumber pembelajaran seperti lks dan buku teks, sehingga siswa masih minim kesempatan untuk mengembangkan pembelajaran dan kesadaran budaya lokal masih kurang, hal ini dibuktikan dengan ketidaktahuan siswa terhadap tradisi Baritan. (2) Model pembelajaran Nilai Tradisi Baritan berhasil dikembangkan dengan pendekatan saintifik, yang nilainya sesuai dengan pendidikan karakter dan dimasukkan dalam sintak pembelajaran yang sesuai dengan kurikulum 2013. (3) Uji efektivitas kesadaran budaya lokal diperoleh nilai 60.84 dengan taraf signifikansi 0,000 lebih kecil dari 0,025, maka Ho ditolak sehingga rerata sebelum dan sesudah perlakuan kelas eksperimen tidak sama. Sedangkan hasil belajar siswa dari uji statistik dengan program SPSS 21 didapat taraf signifikasi sebesar 0,000. Artinya lebih besar kecil dari 0,025. Jadi dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan terhadap model pembelajaran sejarah berbasis nilai Tradisi Baritan dengan pendekatan saintifik, untuk meningkatkan hasil belajar dan kesadaran budaya lokal siswa.

 

×
Penulis Utama : Hanida Eris Griyanti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S861608007
Tahun : 2018
Judul : Pengembangan Model Pembelajaran Sejarah Akulturasi Kebudayaan Islam Berbasis Nilai Tradisi Baritan dengan Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Kesadaran Budaya Lokal Siswa SMA Negeri 3 Pemalang
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2018
Program Studi : S-2 Pendidikan Sejarah
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prog. Studi Pendidikan Sejarah-S861608007-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Sunardi, M.Sc.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.