Penulis Utama : Ayu Rahma Ulufa Nuri
NIM / NIP : K4314011
×

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penerapan Model Pembelajaran Science Integrated Learning (SIL) pada Materi Sistem Ekskresi dan Sistem Imun dalam meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis siswa kelas XI SMA tahun pelajaran 2017/2018.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI MIPA 3 SMA Negeri 3 Surakarta yang berjumlah 31 siswa. Sumber data berasal dari siswa dan guru. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Validitas data menggunakan teknik triangulasi. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Prosedur penelitian menggunakan model spiral PTK yang saling berkaitan.
Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan Model SIL pada materi sistem ekskresi dan sistem imun dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa kelas XI SMA. Keterampilan berpikir kritis siswa pada prasiklus sebesar 42,78% dengan kategori kurang kritis meningkat menjadi 54,92% dengan kategori cukup kritis pada siklus I, lalu mengalami peningkatan lagi menjadi 78,73% pada siklus II dengan kategori kritis. Seluruh indikator keterampilan berpikir kritis mengalami peningkatan hingga mencapai target penelitian.
Kata kunci: keterampilan berpikir kritis, model pembelajaran, science integrated learning (SIL)

 

×
Penulis Utama : Ayu Rahma Ulufa Nuri
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4314011
Tahun : 2018
Judul : “Penerapan Model Pembelajaran Science Integrated Learning (Sil) Pada Materi Sistem Ekskresi Dan Sistem Imun Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI SMA”
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Biologi
Kolasi :
Sumber : UNS-P. KIP Jur. Studi Pendidikan Biologi-K4314011-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. rer. nat. Sajidan, M.Si
2. Drs. Dwi Oetomo, M.Si.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.