Penulis Utama : Eva Yulia Rustanti
NIM / NIP : K7414021
×

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan partisipasi dan hasil belajar akuntansi   dengan menerapkan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) pada peserta didik kelas XI IPS 2 SMA Negeri Kebakkramat. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dengan dua siklus dan untuk masing-masing siklus meliputi empat kegiatan yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas XI IPS 2 SMA Kebakkramat yang berjumlah 36 peserta didik. Sumber data berasal dari informan dan dokumen. Pengumpulan data untuk partisipasi   peserta didik dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan angket, sedangkan pengumpulan data untuk hasil belajar dilakukan dengan teknik tes. Uji validitas data menggunakan validitas isi dan teknik triangulasi. Analisis data menggunakan statistik deskriptif untuk data kuantitatif dan model interaktif untuk data kualitatif. Indikator kinerja penelitian ditetapkan yaitu sebesar 85%.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Numbered  Heads  Together  (NHT)  dapat  meningkatkan  partisipasi  dan  hasil belajar   akuntansi.   Peningkatan   partisipasi   peserta   didik   ditunjukkan   dari persentase rata-rata indikator partisipasi sebesar 76?ri angket dan 75,42?ri ibservasi pada siklus I, sedangkan pada siklus II dari hasil angket sebesar 87% dan observasi sebesar 88,06%. Selain itu, ketuntasan hasil belajar meningkat pada siklus I sebesar 61,11% dan pada siklus II sebesar 88,89%.

 

×
Penulis Utama : Eva Yulia Rustanti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7414021
Tahun : 2018
Judul : Upaya Peningkatan Partisipasi dan Hasil Belajar Akuntansi melalui Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) pada Peserta Didik Kelas XI IPS SMA Negeri Kebakkramat Tahun Ajaran 2017/2018
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Ekonomi Akuntansi
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Akuntansi-K7414021-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr Sigit Santoso, M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.