Penulis Utama : Erik Cristanto
NIM / NIP : K7115058
×

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berpikir flexibility dan originality peserta didik kelas IV SD Negeri Karangasem IV No.204 Surakarta dalam pembelajaran IPS. Alternatif yang dipilih yaitu menggunakan model pembelajaran Structured Numbered Heads (SNH). Terdapat keterpaduan antara sintaks model pembelajaran Structured Numbered Heads (SNH) dengan indikator keterampilan berpikir flexibility dan originality, sehingga diharapkan model tersebut dapat meningkatkan keterampilan berpikir flexibility dan originality peserta didik.    
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek yang diteliti adalah guru dan 33 peserta didik kelas IV SD Negeri Karangasem IV No.204 Surakarta. Prosedur penelitian ini terdiri dari dua siklus dan setiap siklusnya memiliki empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, obsevasi, dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan menggunakan teknik wawancara, observasi, tes keterampilan berpikir flexibility dan originality, dan studi dokumentasi. Validitas data yang digunakan yaitu validitas isi dan triangulasi teknik. Analisis data menggunakan model analisis interaktif  Miles dan Huberman.
Hasil tes keterampilan berpikir flexibility dan originality peserta didik pada tiap siklusnya meningkat hingga mencapai indikator kinerja penelitian. Perolehan nilai rata-rata klasikal keterampilan berpikir flexibility pada pratindakan yaitu 21,79 (0%), kemudian meningkat pada siklus I yaitu 66,73 (55%), dan meningkat kembali pada siklus II menjadi 87,30 (82%). Perolehan nilai rata-rata klasikal keterampilan berpikir originality pada pratindakan yaitu 25,76 (0%). Kemudian, meningkat pada siklus I yaitu 69,61 (55%), dan meningkat kembali pada siklus II menjadi 83,39 (82%). Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Structured Numbered Heads (SNH) dapat meningkatkan keterampilan berpikir flexibility dan originality peserta didik kelas IV SD Negeri Karangasem IV No.204 Surakarta tahun ajaran 2018/2019 dalam pembelajaran IPS.  

Kata kunci: keterampilan berpikir flexibility dan originality, pembelajaran IPS, model pembelajaran Structured Numbered Heads (SNH), Sekolah Dasar

 

×
Penulis Utama : Erik Cristanto
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7115058
Tahun : 2019
Judul : Penggunaan Model Structured Numbered Heads (SNH) untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Flexibility dan Originality dalam Pembelajaran IPS pada Tema Daerah Tempat Tinggalku (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas IV SD Negeri Karangasem IV No.204 Surakarta Tahun Ajaran 2018/2019)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2019
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP-Jur. Pend. Guru Sekolah Dasar-K7115058-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Siti Istiyati, M.Pd.,
2. Dra. Sularmi, M. Pd.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.