Penulis Utama : Dhannang Septian Nugroho
NIM / NIP : D1515032
×

ABSTRAK

Sistem Informasi Bursa Tenaga Kerja merupakan layanan informasi tenaga kerja berbasis website untukmemenuhipenawaran dan permintaantenaga kerja.Sistem  informasi ini belum dikenal luas oleh masyarakat. Oleh karena itu, penulisan Tugas Akhir ini bertujuan menggambarkan Sistem Informasi Bursa Tenaga Kerja di Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Kota Surakarta.
Jenis pengamatan yang digunakan adalah deskriptif kualitatif yang mendeskripsikan dan menggambarkan tahapan mengakses Sistem Informasi Bursa Kerja dalam bentuk kalimat, gambar dan tabel. Sumber data diperoleh dari narasumber, aktivitas dan dokumen. Sedangkan, teknik pengumpulan data dengan metode wawancara, observasi serta mengkaji dokumen.  
Berdasarkan hasil pengamatan di Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Kota Surakarta bahwa sistem informasi bursa kerja terdiri dari iklan lowongan kerja dan pembuatan kartu AK/I secara daring. Prosedur iklan kerja di website dinas meliputi pendaftaran perusahaan di website dinas, verfikasi data dan input lowongan kerja oleh admin dinas. Sedangkan, dalam pembuatan kartu AK/I daring yaitu pencari kerja melakukan pendaftaran diri di website, melengkapi berkas dan mengambil Kartu AK/I di Kantor Dinas Tenaga Kerja Kota Surakarta.  
Kesimpulan dari pengamatan ini bahwa Sistem Informasi Bursa Tenaga Kerja di Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Kota Surakarta telah memanfaatkan teknologi yang terkomputerisasi berbasis website.

Kata Kunci : Sistem Informasi, Bursa, Tenaga Kerja

 

×
Penulis Utama : Dhannang Septian Nugroho
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D1515032
Tahun : 2018
Judul : Sistem Informasi Bursa Tenaga Kerja di Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Kota Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. ISIP - 2018
Program Studi : D-3 Manajemen Administrasi
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. ISIP-Jur. Manajemen Administrasi-D1515032-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Gendrowati, S.Pd, M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.