Penulis Utama : Aris Dwi Cahyo
NIM / NIP : K4413011
×

Abstrak

Tujuan  penelitian  ini  adalah  untuk  meningkatkan  keaktifan  dan  hasil belajar siswa kelas XI IPS 4 SMA Negeri 2 Boyolali dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Student Facilitator and Explaining dengan media peta konsep dalam pembelajaran sejarah.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dengan teknik siklus dan berdaur ulang. Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan meliputi perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 4 SMA Negeri 2 Boyolali yang berjumlah 36 siswa. Sumber data berasal dari guru, siswa dan proses pembelajaran. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Uji validitas data menggunakan teknik triangulasi yaitu triangulasi sumber dan metode. Analisis data menggunakan analisis data kuantitatif dan kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru dapat menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Student Facilitator and Explaining dengan media peta konsep dalam pembelajaran sejarah. Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student  Facilitator and Explaining dengan media peta konsep dapat meningkatkan keaktifan belajar di kelas XI IPS 4 SMA Negeri 2 Boyolali. Hal ini terbukti dari hasil pencapaian indikator keaktifan belajar siswa yang semakin meningkat pada setiap siklusnya. Pada tahap prasiklus, Rata-rata pencapaian indikator keaktifan belajar siswa sebesar 68,23%, pada siklus I mengalami peningkatan menjadi 72,41%, dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 78,11%. Hasil tersebut telah mencapai target kinerja penelitian yang telah ditetapkan yakni sebesar ?75%. Kemudian hasil belajar sejarah juga meningkat, pada tahap prasiklus pencapaian ketuntasan minimal hasil belajar (KKM 75) sebesar 47,22%, pada siklus  I meningkat menjadi 66,67% dan pada siklus  II meningkat lagi menjadi 80,56%. Hasil tersebut telah mencapai target kinerja penelitian yang telah ditetapkan yakni sebesar ?75%.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan maka dapat ditarik kesimpulan bahwa penerapan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining dengan media peta konsep dalam pembelajaran sejarah dapat meningkatkan keaktifan  dan hasil belajar sejarah siswa kelas XI IPS  4 SMA Negeri 2 Boyolali tahun ajaran 2017/2018.

Kata Kunci : Student Facilitator and Explaining, peta konsep, keaktifan, hasil belajar

×
Penulis Utama : Aris Dwi Cahyo
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4413011
Tahun : 2018
Judul : Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Facilitator and Explaining dengan Media Peta Konsep dalam Pembelajaran Sejarah untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPS 4 SMA Negeri 2 Boyolali Tahun Ajaran 2017/2018
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Sejarah
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak.KIP Jur. Pendidikan Sejarah-K4413011-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Musa Pelu, S.Pd., M.Pd.
2. Isawati, S.Pd, M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.