Penulis Utama : Diyah Istiqomah
NIM / NIP : K1313017
×

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) model pembelajaran yang menghasilkan prestasi belajar yang lebih baik di antara pembelajaran matematika dengan menggunakan model NHT atau langsung; (2) prestasi belajar yang lebih baik di antara siswa dengan gaya belajar visual, auditori atau kinestetik; (3) pada masing-masing model pembelajaran, yang menghasilkan prestasi belajar yang lebih baik antara siswa dengan gaya belajar visual, auditori atau kinestetik; (4) pada masing-masing tipe gaya belajar, yang menghasilkan prestasi belajar yang lebih baik, model pembelajaran NHT atau langsung.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimental semu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Jaten Tahun Ajaran 2017/2018. Pengambilan sampel dilakukan secara cluster random sampling. Uji coba instrumen dilaksanakan di SMP Negeri 20 Surakarta. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi untuk mengumpulkan data yang berupa data nilai UTS, metode angket untuk data gaya belajar dan metode tes untuk data prestasi belajar matematika siswa pada materi prisma dan limas. Teknik analisis data yang digunakan adalah anava dua jalan dengan sel tak sama, kemudian dilakukan uji lanjut pasca anava yaitu uji komparasi ganda dengan menggunakan metode Scheffe. Untuk persyaratan analisis, yaitu populasi berdistribusi normal menggunakan uji Liliefors untuk dan populasi mempunyai variansi yang sama (homogen) menggunakan metode Bartlett.
Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh simpulan sebagai berikut (1) model NHT menghasilkan prestasi belajar matematika lebih baik daripada model pembelajaran langsung (2) siswa dengan gaya belajar auditori mempunyai prestasi belajar matematika yang lebih baik daripada siswa dengan gaya belajar visual dan kinestetik, sedangkan siswa dengan gaya belajar visual mempunyai prestasi belajar matematika yang lebih baik dari pada siswa dengan gaya belajar kinestetik
(3) pada masing-masing model, siswa dengan gaya belajar auditori mempunyai prestasi belajar matematika yang lebih baik daripada siswa dengan gaya belajar visual dan kinestetik, sedangkan siswa dengan gaya belajar visual mempunyai prestasi belajar matematika yang lebih baik dari pada siswa dengan gaya belajar kinestetik (4) pada masing-masing gaya belajar, siswa yang dikenai model NHT memperoleh prestasi belajar matematika yang lebih baik daripada siswa yang dikenai model pembelajaran langsung.

Kata Kunci : NHT, gaya belajar, prestasi belajar matematika

×
Penulis Utama : Diyah Istiqomah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K1313017
Tahun : 2018
Judul : Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) pada Materi Luas Permukaan dan Volume Bangun Ruang Prisma dan Limas Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Jaten Tahun Ajaran 2017/2018
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Matematika
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP Jur. Pendidikan Matematika-K1313017-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Budiyono, M.Sc.
2. Dr. Laila Fitriana, S.Pd., M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.