Penulis Utama : Fitri Anggraeni
NIM / NIP : K1312034
×

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) manakah yang menghasilkan prestasi belajar lebih baik, siswa dengan model pembelajaran Two Stay Two Stray atau model pembelajaran langsung pada materi prisma dan limas, (2) manakah yang menghasilkan prestasi belajar lebih baik, siswa dengan aktivitas belajar tinggi, sedang, atau rendah pada materi prisma dan limas, (3) pada masing-masing model pembelajaran, manakah yang dapat memberikan prestasi belajar matematika lebih baik, siswa dengan aktivitas belajar tinggi, sedang atau rendah pada materi prisma dan limas (4) pada masing-masing kategori aktivitas belajar siswa, manakah yang menghasilkan prestasi belajar lebih baik, siswa yang memperoleh model pembelajaran Two Stay Two Stray atau siswa yang memperoleh model pembelajaran langsung pada materi prisma dan limas.
Penelitian merupakan penelitian eksperimental semu dengan desain faktorial 2x3. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Surakarta tahun ajaran 2016/2017 yang terdiri dari 9 kelas dengan total 261 siswa. Sampel yang digunakan yaitu 2 kelas dengan jumlah total siswa kedua kelas tersebut adalah 57 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan cluster random sampling. Uji coba instrumen dilaksanakan di SMP 2 Mojolaban. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi untuk mengumpulkan data yang berupa data nilai ulangan harian matematika, metode angket untuk data aktivitas belajar siswa dan metode tes untuk data prestasi belajar matematika siswa pada materi prisma dan limas.
Pengujian hipotesis menggunakan anava dua jalan dengan sel tak sama, dengan taraf signifikansi 0,05 yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas dengan uji Lilliefors, dan uji homogenitas dengan uji Bartlett. Hasil uji prestasi belajar menunjukkan bahwa sampel berdistribusi normal, dan berasal dari populasi yang homogen. Hasil uji anava menunjukkan bahwa (1) Model pembelajaran Two Stay Two Stray memberikan prestasi belajar matematika yang lebih baik daripada model pembelajaran langsung pada materi prisma dan limas. (2) Siswa dengan aktivitas belajar tinggi memiliki prestasi belajar matematika yang lebih baik daripada siswa dengan aktivitas belajar sedang dan rendah, siswa dengan aktivitas belajar sedang memiliki prestasi belajar matematika lebih baik daripada siswa dengan aktivitas belajar rendah pada materi prisma dan limas. (3) Pada model pembelajaran Two Stay Two Stray, siswa dengan aktivitas belajar tinggi memiliki prestasi belajar matematika yang lebih baik daripada siswa dengan aktivitas belajar sedang dan rendah, siswa dengan aktivitas belajar sedang memiliki prestasi belajar lebih baik daripada siswa dengan aktivitas belajar rendah, dan pada model pembelajaran langsung, siswa dengan aktivitas belajar tinggi memiliki prestasi belajar matematika yang lebih baik dari siswa dengan
vii
aktivitas belajar sedang dan rendah, siswa dengan aktivitas belajar sedang memiliki prestasi belajar matematika yang lebih baik daripada siswa dengan aktivitas belajar rendah, pada materi prisma dan limas. (4) Pada masing-masing kategori aktivitas belajar siswa (tinggi, sedang, rendah), model pembelajaran Two Stay Two Stray memberikan prestasi belajar matematika yang lebih baik daripada model pembelajaran langsung pada materi prisma dan limas.
Kata kunci : pembelajaran matematika, Two Stay Two Stray, aktivitas belajar, prisma dan limas, prestasi belajar.

×
Penulis Utama : Fitri Anggraeni
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K1312034
Tahun : 2017
Judul : Eksperimentasi pembelajaran matematika dengan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) pada materi prisma dan limas ditinjau dari aktivitas belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Surakarta tahun ajaran 2016/2017
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Matematika
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Matematika-K1312034-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Budiyono, M.Sc.
2. Henny Ekana C., S.Si., M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.