Penulis Utama : Shofwa Annisaa
NIM / NIP : K3313067
×

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh penggunaan model pembelajaran TAI berbantuan modul dan LT berbantuan modul terhadap prestasi belajar siswa pada materi stoikiometri, (2) pengaruh kemampuan analisis terhadap prestasi belajar siswa pada materi stoikiometri, (3) interaksi antara model TAI berbantuan modul dan LT berbantuan modul dengan kemampuan analisis terhadap prestasi belajar siswa pada materi stoikiometri.
Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain faktorial 2x2. Populasi penelitian adalah siswa kelas X MIA semester genap SMA Negeri 1 Teras tahun pelajaran 2016/2017. Sampel diperoleh dengan teknik cluster random sampling, yaitu kelas X MIA 3 dan X MIA 4. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes, angket, observasi, dan dokumentasi. Analisis data prestasi belajar menggunakan uji statistik nonparametrik Kruskall Wallis, kemudian uji lanjut menggunakan uji Mann Whitney U.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh model pembelajaran TAI berbantuan modul dan LT berbantuan modul terhadap prestasi belajar siswa pada materi stoikiometri, akan tetapi tidak terdapat pengaruh pada aspek sikap dan pengetahuan. Siswa yang dikenai model TAI berbantuan modul memiliki nilai rata-rata yang lebih tinggi daripada siswa dengan model LT berbantuan modul, (2) terdapat pengaruh kemampuan analisis tinggi dan rendah terhadap pretasi belajar aspek pengetahuan dan sikap, tetapi tidak terdapat pengaruh pada aspek ketrampilan. Siswa dengan kemampuan analisis tinggi memiliki nilai rata-rata yang lebih tinggi daripada siswa dengan kemampuan analisis rendah, (3) terdapat interaksi antara model pembelajaran TAI berbantuan modul dan LT berbantuan modul dengan kemampuan analisis terhadap prestasi belajar aspek pengetahuan, tetapi tidak terdapat interaksi pada aspek sikap dan ketrampilan.
Kata kunci : TAI berbantuan modul, LT berbantuan modul, kemampuan analisis, prestasi belajar, stoikiometri

 

×
Penulis Utama : Shofwa Annisaa
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3313067
Tahun : 2018
Judul : Studi Komparasi Pembelajaran Kimia Berbantuan Modul Dengan Model Team Assisted Individualization (TAI) Dan Learning Together (LT) Ditinjau Dari Kemampuan Analisis Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Pokok Stoikiometri Kelas X Mia Sma Negeri 1 Teras Tahun Pelajaran 2016/2017
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Kimia
Kolasi :
Sumber : UNS-P. KIP Jur. Studi Pendidikan Kimia-K3313067-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Sulistyo Saputro, M.Si., Ph.D.
2. Widiastuti Agustina E S, S.Si., M.Si.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.