Penulis Utama : Laurensius Benny Chrisheryanto
NIM / NIP : M0414042
×

ABSTRAK

Morfometri merupakan suatu studi untuk mempelajari variasi dan perubahan bentuk dan ukuran dari organisme. Di Waduk Gajah Mungkur hidup berbagai jenis ikan air tawar dengan tipe pakan yang berbeda. Pengukuran morfometri tractus digestivus ikan yang meliputi panjang lambung, panjang intestinum, dan rasio panjang intestinum terhadap panjang tubuh dapat digunakan untuk mengetahui jenis-jenis pakan alami dari ikan tersebut. Dengan demikian membantu para pembudidaya ikan dalam memberikan pakan yang sesuai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui variasi morfometri yang terdapat dalam tractus digestivus ikan air tawar di Waduk Gajah Mungkur, Kabupaten Wonogiri.
Pengambilan sampel ikan di Waduk Gajah Mungkur dilakukan dengan cara purposive sampling. Sampel ikan yang didapat diukur panjang badan total   dan berat badannya kemudian dibedah untuk diamati bagian tractus digestivus dan diukur sesuai parameter yang sudah ditentukan yaitu meliputi panjang tractus digestivus, berat tractus digestivus, panjang lambung, pH lambung, panjang intestinum, jenis mulut, dan jumlah pyloric caeca. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif, ditampilkan dalam bentuk tabel. Analisis statistik juga dilakukan untuk membuat dendrogram.
Dari hasil penelitian ini diperoleh 4 jenis ikan, yaitu Labiobarbus leptocheilus, Oreochromis niloticus, Barbonymus gonionotus, dan Oxyeleotris marmorata. Berdasarkan morfometri tractus digestivus-nya Labiobarbus leptocheilus dan Oreochromis niloticus termasuk ikan herbivora, Barbonymus gonionotus termasuk ikan omnivora, dan Oxyeleotris marmorata termasuk ikan karnivora. Perbedaan morfometri tractus digestivus dapat digunakan untuk mengetahui kekerabatan ikan berdasarkan jenis pakannya.

Kata Kunci : morfometri, ikan air tawar, tractus digestivus, Waduk Gajah Mungkur

 

×
Penulis Utama : Laurensius Benny Chrisheryanto
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : M0414042
Tahun : 2018
Judul : Variasi Morfometri Tractus Digestivus Ikan Air Tawar di Waduk Gajah Mungkur Kabupaten Wonogiri, Provinsi Jawa Tengah
Edisi :
Imprint : Surakarta - FMIPA - 2018
Program Studi : S-1 Biologi
Kolasi :
Sumber : UNS-FMIPA, Prog. Studi Biologi- M0414042-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Agung Budiharjo, M.Si.
2. Dr. Tetri Widiyani, M.Si.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. MIPA
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.