Penulis Utama : Anita Dian Susanti
NIM / NIP : K3513015
×

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar Komposisi Foto Digital melalui penerapan model pembelajaran Online Project Based Learning dengan perpaduan Collaborative Learning pada siswa Multimedia SMK Negeri Takeran.
Penelitian ini berbentuk penelitian tindakan kelas (PTK) dengan model siklus yang berupa kolaborasi antara peneliti dan guru kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus yang terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI Multimedia 2 SMK Negeri Takeran yang berjumlah 22 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik uji validitas data menggunakan teknik triangulasi sumber data dan triangulasi metode. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis deskriptif kuantitatif.
Berdasarkan hasil penelitian, dapat diketahui bahwa penerapan model pembelajaran Online Project Based Learning dengan perpaduan Collaborative Learning dapat meningkatkan hasil belajar Komposisi Foto Digital pada siswa kelas XI Multimedia 2 SMK Negeri Takeran. Peningkatan tersebut dapat dibuktikan dengan meningkatnya nilai kognitif, afektif, dan psikomotorik pada setiap siklusnya. Pada pratindakan nilai rata-rata tes kognitif siswa sebesar 69,82 dengan ketuntasan 22,73% atau sebanyak 5 siswa dari 22 siswa. Pada siklus I, nilai rata-rata kognitif mencapai 77,5 dengan ketuntasan 63,64% atau sebanyak 14 siswa dari 22 siswa, sedangkan nilai rata-rata afektif mencapai 75 (kategori baik) dan nilai rata-rata psikomotorik mencapai 78,33. Pada siklus II, nilai rata-rata kognitif meningkat lagi menjadi 83,95 dengan ketuntasan 81,82% atau sebanyak
18 siswa dari 22 siswa, sedangkan nilai rata-rata afektif meningkat menjadi 90 (kategori sangat baik) dan nilai rata-rata psikomotorik meningkat menjadi 86,67.
Simpulan  dalam  penelitian  ini  adalah  penerapan  model  pembelajaran Online Project Based Learning dengan perpaduan Collaborative Learning dapat meningkatkan hasil belajar Komposisi Foto Digital pada siswa Multimedia SMK Negeri Takeran.

Kata Kunci : hasil belajar, model pembelajaran Online Project Based Learning,
Collaborative Learning, komposisi foto digital

×
Penulis Utama : Anita Dian Susanti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3513015
Tahun : 2018
Judul : Penerapan Model Pembelajaran Online Project Based Learning dengan Perpaduan Collaborative Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Komposisi Foto Digital pada Siswa Multimedia SMK Negeri Takeran
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP Jur. Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer-K3513015-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Basori, S.Pd, M.Pd.
2. Dr. Agus Efendi, M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.