Penulis Utama : Agnesia Fransisca Wahyuningsih
NIM / NIP : K7114004
×

Tujuan  penelitian  tindakan  kelas  kolaboratif  ini  adalah:  (1) mendeskripsikan penerapan model Think Pair Share (TPS); (2) meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa melalui model Think Pair Share (TPS); dan (3) mendeskripsikan kendala dan solusi penerapan model Think Pair Share (TPS) dalam  peningkatan kemampuan berpikir kritis  siswa pada mata pelajaran  IPS tentang perjuangan mempersiapkan kemerdekaan di kelas V SDN 2 Adikarso tahun ajaran 2017/2018.

Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus, setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 2 Adikarso yang berjumlah 15 siswa. Sumber data dalam penelitian  ini  yaitu  siswa  dan  guru.  Teknik  pengumpulan  data  terdiri  dari observasi, wawancara, dan tes. Validitas data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Analisis data dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dilaksanakan dengan langkah: thinking (berpikir), pairing (berpasangan), dan sharing (berbagi) dengan hasil observasi siklus  I sebesar  77,08%  terhadap  guru  dan  74,65%  terhadap  siswa,  siklus  II sebesar 86,45% terhadap guru dan 84,02% terhadap siswa, dan siklus III memperoleh  persentase  sebesar  91,66%  terhadap  guru  dan  89,58%  terhadap siswa; (2) penerapan model Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran IPS yang dibuktikan dengan persentase ketuntasan hasil observasi kemampuan berpikir kritis siswa, siklus I sebesar 61,45%, siklus II sebesar 74,94%, dan siklus III sebesar 82,44% yang didukung dengan persentase hasil tes kemampuan berpikir kritis siswa, siklus I sebesar 70%, siklus II sebesar 70% dan siklus III sebesar 82,62%; (3) kendala dalam penelitian ini adalah (a) ada siswa yang ragu-ragu dalam menjawab, bertanya, dan menanggapi; (b) ada siswa yang tidak mendapat pasangan; dan (c) pada saat presentasi, suasana kelas kurang kondusif; solusi untuk mengatasi kendala  tersebut  yaitu  (a)  memberi  motivasi  siswa;  (b)  ada  satu  kelompok memiliki 3 orang anggota; dan (c) memberi batasan kelompok untuk presentasi.

Simpulan dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran IPS tentang perjuangan mempersiapkan kemerdekaan di siswa kelas V SDN 2 Adikarso tahun ajaran 2017/2018.

×
Penulis Utama : Agnesia Fransisca Wahyuningsih
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7114004
Tahun : 2018
Judul : Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) pada Mata Pelajaran IPS Tentang Perjuangan Mempersiapkan Kemerdekaan di Kelas V SDN 2 Adikarso Tahun Ajaran 2017/2018
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Guru Sekolah Dasar-K7114004-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Rokhmaniyah, M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.