Penulis Utama : Wiwit Prihatin
NIM / NIP : K7119280
×

Wiwit Prihatin. K7119280. PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS TEMA LINGKUNGAN SAHABAT KITA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) PADA SISWA KELAS V SDN 1 KEWANGUNAN TAHUN AJARAN 2022/2023. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilm Pendidikan Universitas Sebelas Maret, Juli 2023

Tujuan dari penelitian ini yaitu (1) mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share, (2) meningkatkan pembelajaran IPS tema lingkungan sahabat kita pada kelas v, dan (3) mendeskripsikan kendala dan solusi penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS). Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas kolaboratif yang dilakukan selama tiga siklus. Subjek penelitian yaitu guru dan 14 peserta didik kelas V SDN 1 Kewangunan. Data yang digunakan yaitu kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data penelitian ini yaitu wawancara, observasi, dan tes. Teknik uji validitas data menggunakan triangulasi teknik serta triangulasi sumber data. Analisis data melalui reduksi data, penyajia data, dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukkan (1) penerapan model think pair share melalui tiga langkah, yaitu (a) thinking, (b) pairing, (c) sharing. Penerapan model think pair share mampu meningkatkan hasil belajar IPS tema lingkungan sahabat kita di kelas V SDN 1 Kewangunan, hal ini terbukti dengan adanya peningkatan tiap siklusnya pada observasi maupun hasil belajar. Hasil belajar pada IPS peserta didik meningkat, pada siklus I = 64,28%, siklus II = 78,57%, dan siklus III = 85,71%. (3) kendala yang ditemukan, yaitu (a) peserta didik kurang fokus mengikuti pembelajaran, (b) peserta didik belum bisa bekerja sama dengan pasangannya, (c) peserta didik kesulitan dalam memikirkan solusi atau jawaban atas pertanyaan yang diberikan oleh guru, (d) peserta didik masih malu dan belum berani saat menyampaikan hasil diskusi di depan kelas serta menyatakan pendapatnya, (e) peserta didik kurang memperhatikan temannya saat menyampaikan pendapat. Adapun solusi dari kendala tersebut, yaitu: (a) guru bersikap lebih tegas kepada peserta didik, (b) guru memberi arahan mengenai pembagian tugas dengan temannya, (c) guru memberikan arahan agar peserta didik dapat mencari jawaban atas pertanyaan yang diberikan, (d) guru memberikan motivasi agar peserta didik percaya diri menyampaikan hasil diskusinya di depan kelas, (e) guru berupaya lebih memberikan arahan dan tegas kepada peserta didik untuk memperhatikan temannya, serta memberi teguran kepada peserta didik dan meminta peserta didik untuk menanggapi presentasi temannya apabila tidak memperhatikan.

Simpulan penelitian ini yaitu penerapan model think pair share dapat meningkatkan hasil belajar IPS tema lingkungan sahabat kita di kelas V SDN 1 Kewangunan tahun ajaran 2022/2023.

×
Penulis Utama : Wiwit Prihatin
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7119280
Tahun : 2023
Judul : Peningkatan Hasil Belajar IPS Tema Lingkungan Sahabat Kita melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) pada Siswa Kelas V SDN 1 Kewangunan Tahun Ajaran 2022/2023
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2023
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Hasil Belajar IPS, Model Kooperatif Tipe Think Pair Share
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing :
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.