Penulis Utama : Rizki Riastuti
NIM / NIP : K4413053
×

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar sejarah di Kelas  X  IPS  3  SMA  N  1  Tegal  melalui  penerapan  Model  Kooperatif  Tipe Treasure   Hunt   dengan   Media   Gambar   pada   Tahun   Pelajaran   2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dengan teknis siklus dan berdaur ulang. Setiap siklus terdiri dari beberapa tahap, yakni perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas X IPS 3 SMA N 1 Tegal. Data dan sumber data berasal dari siswa, guru dan proses pembelajaran. Teknik pengumpulan data dilaksanakan dengan wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Validitas data menggunakan teknik triangulasi, yaitu triangulasi sumber dan triangulasi metode. Analisis data menggunakan analisis data kuantitatif dan kualitatif.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa guru dan siswa dapat menerapkan model pembelajaran Kooperatif Tipe Treasure Hunt dengan Media Gambar dalam pembelajaran sejarah. Hal ini dapat dilihat dari hasil peningkatan presentase pencapaian indikator aktivitas pembelajaran. Pencapaian indikator aktivitas pembelajaran pada prasiklus sebesar 68,26% meningkat menjadi 84,14% pada siklus  I dan  pada  siklus  II  meningkat  menjadi  95,87%.  Hasil  tersebut  sudah mencapai target kinerja penelitian sebesar ? 80%.
Penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe Treasure Hunt dengan Media Gambar dapat meningkatkan hasil belajar sejarah siswa. Hal tersebut terbukti  dengan  pencapaian  ketuntasan  minimal  hasil  belajar  (KKM=75)  per aspek hasil belajar yang meningkat pada setiap siklusnya. Pada saat pratindakan pencapaian pada aspek kognitif sebesar 43,34% menjadi 66,67% pada siklus I dan pada siklus II meningkat menjadi 93,67%. Pencapaian pada siklus II tersebut telah melampaui target kinerja penelitian yang ditetapkan yaitu sebesar ? 85%. Aspek afektif pada saat pratindakan sebesar 76,66% menjadi 86,67% pada siklus I dan tahap siklus II meningkat menjadi 100%. Pencapaian pada siklus II tersebut telah melampaui target kinerja penelitian yang ditetapkan yaitu sebesar ? 85%. Sedangkan pada aspek psikomotorik, pada saat pratindakan sebesar 0% menjadi 83,33% pada siklus I dan pada tahap siklus II menjadi 93,33%. Pencapaian pada siklus II tersebut telah melampaui target kinerja penelitian telah ditetapkan yaitu sebesar ? 85%.
Berdasakan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Treasure Hunt dengan Media Gambar dapat meningkatkan hasil belajar sejarah siswa Kelas X IPS 3 SMA Negeri 1 Tegal Tahun Ajaran 2016/2017.

Kata Kunci: Model pembelajaran kooperatif, tipe treasure hunt, hasil belajar sejarah

 

×
Penulis Utama : Rizki Riastuti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4413053
Tahun : 2017
Judul : Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Treasure Hunt dengan Media Gambar untuk Meningkatkan Hasil Belajar Sejarah Kelas X IPS 3 SMA N 1 Tegal Tahun Ajaran 2016/2017
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Sejarah
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP-Jur. Pend. Sejarah-K4413053-2017
Kata Kunci : Model pembelajaran kooperatif, tipe treasure hunt, hasil belajar sejarah
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Musa Pelu, S.Pd., M.Pd
2. Dra. Sri Wahyuni, M.Pd
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.