Penulis Utama : Wahyu Setiabudi
NIM / NIP : K4613146
×

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar Lay Up Shoot bola basket melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe team assisted individualization ( TAI ) pada siswa kelas X IPS 1 SMA Negeri 1 Banyudono tahun pelajaran 2018/2019.

            Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dengan setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas X IPS 1 SMA Negeri 1 Banyudono yang berjumlah 36 siswa, yang terdiri dari 18 siswa laki-laki dan 18 siswa perempuan. Sumber data berasal dari guru, siswa, dan peneliti yang bertindak sebagai kolabolator. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi.Validitas data menggunakan triangulasi data. Analisis data menggunakan teknik analisis deskripsi kualitatif dengan teknik persentase untuk melihat peningkatan hasil belajar lay up shoot bola basket dalam pembelajaran.

            Hasil wawancara dan observasi dengan kolabolator menyatakan bahwa nilai KKM permainan bola basket adalah 75. Data hasil belajar yang diperoleh peserta didik kelas X IPS 1 SMA Negeri 1 Banyudono yang berjumlah 36 peserta didik adalah sebagai berikut : pada pra siklus peserta didik yang tuntas sejumlah 13 (36,11%) dan yang belum tuntas sejumlah 23 (63,89%). Pada siklus I hasil belajar lay up shoot bola basket peserta didik yang tuntas sejumlah 24 (66,67%) dan yang belum tuntas sejumlah 12 (33,33%). Pada siklus II hasil belajar lay up shoot bola basket peserta didik yang tuntas sejumlah 30 (83,33%) dan yang belum tuntas sejumlah 6 (16,67%). Target penelitian ditetapkan 80%, sedangkan hasil belajar peserta didik kelas X IPS1 SMA Negeri 1 Banyudono tahun pelajaran 2018/2019 pada siklus II 83,3% yang berarti sudah mencapai target.

            Berdasarkan hasil analisis data diatas dapat disimpulkan bahwa: penggunaan model pembelajaran team assisted individualization (TAI) dapat meningkatkan hasil belajar lay up shoot bola basket pada peserta didik kelas X IPS1 SMA Negeri 1 Banyudono tahun pelajaran 2018/2019.

Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization, Hasil Belajar, Lay Up Shoot Bola Basket.

<!--[if gte mso 9]><xml> </xml><![endif]--><!--[if gte mso 9]><xml> Normal 0 false false false EN-US X-NONE X-NONE </xml><![endif]--><!--[if gte mso 9]><xml> </xml><![endif]--><!--[if gte mso 10]> <style> /* Style Definitions */ table.MsoNormalTable {mso-style-name:"Table Normal"; mso-tstyle-rowband-size:0; mso-tstyle-colband-size:0; mso-style-noshow:yes; mso-style-priority:99; mso-style-parent:""; mso-padding-alt:0in 5.4pt 0in 5.4pt; mso-para-margin:0in; mso-para-margin-bottom:.0001pt; mso-pagination:widow-orphan; font-size:10.0pt; font-family:"Calibri","sans-serif"; mso-bidi-font-family:"Times New Roman";} </style> <![endif]-->

×
Penulis Utama : Wahyu Setiabudi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4613146
Tahun : 2019
Judul : Meningkatkan Hasil Belajar Lay Up Shoot Bola Basket Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization ( Tai ) Pada Peserta Didik Kelas X Ips 1 Sma Negeri 1 Banyudono Tahun Pelajaran 2018 / 2019
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2019
Program Studi : S-1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi-K4613146 -2019
Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization, Hasil Belajar, Lay Up Shoot Bola Basket
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Habik Liskustyawati M.Kes
2. Djoko Nugroho, S.Pd., M.Or
Penguji :
Catatan Umum : lamp - unpublish
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.