Penulis Utama : Renny Yuliyanti
NIM / NIP : K6413059
×

Abstrak

Tujuan penelitian ini  untuk (1) mengetahui pelaksanaan kompetensi guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan pada pengembangan kurikulum dan penyelenggaraan pembelajaran yang mendidik di SMK Negeri 1 Boyolali, (2) mengetahui kendala-kendala yang dihadapi guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dan upaya mengatasi kendala tersebut dalam pengembangan kurikulum dan penyelenggaraan pembelajaran yang mendidik, (3) mengetahui keterkaitan antara pengembangan kurikulum dengan penyelenggaraan pembelajaran yang mendidik.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah kompetensi pedagogik guru PPKn pada pengembangan kurikulum dan penyelenggaraan pembelajaran yang mendidik dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan wawancara, observasi, dan studi dokumen. Uji validitas data yang digunakan dilakukan dengan trianggulasi sumber dan trianggulasi metode. Analisis data menggunakan analisis data interaktif.
Hasil penelitian sebagai berikut ini: (1) Pelaksanaan kompetensi pedagogik guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan masih belum baik apabila dilihat dari pengembangan kurikulum dan penyelenggaraan pembelajaran yang mendidik. (2) Kendala dalam pengembangan kurikulum yaitu perumusan instrumen dan indikator penilaian pembelajaran serta pada penentuan model dan metode pembelajaran sedangkan kendala penyelenggaraan pembelajaran yang mendidik yakni pelaksanaan pembelajaran di kelas.(3) Pengembangan kurikulum berkaitan erat dengan penyelenggaraan pembelajaran yang mendidik. Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang menjadi pedoman dalam melaksanakan pembelajaran belum direncanakan dengan baik sehingga berdampak pada pelaksanaan pembelajaran yang belum baik.


Kata kunci: Kompetensi Pedagogik, Kendala Guru, Upaya Guru, Pengembangan Kurikulum, Pembelajaran PPKn.

×
Penulis Utama : Renny Yuliyanti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K6413059
Tahun : 2017
Judul : Analisis Kompetensi Pedagogik Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan pada Pengembangan Kurikulum dan Penyelenggaraan Pembelajaran yang Mendidik di Smk Negeri 1 Boyolali
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak.KIP - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak.KIP-Prodi. Pendidikan Pancasila dan Kewargaengaraan-K6413059-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Machmud Al Rasyid, SH., M.Si.,
2. Dr. Dewi Gunawati, SH., M.Hum
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.