Penulis Utama : Aristy Mutiara Dinanty
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D1215010
Tahun : 2017
Judul : Motif Penggunaan Instant Messaging (Motif Penggunaan Instant Messaging LINE dan Whatsapp Mahasiswa Ilmu Komunikasi Non Reguler FISIP UNS 2015 )
Edisi :
Imprint : Surakarta - FISIP - 2017
Kolasi :
Sumber : UNS-FISIP Program Ilmu Komunikasi-D1215010-2017
Subyek : MOTIF PENGGUNAAN, INSTANT MESSAGING, LINE, WHATSAPP
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

ABSTRAK

Dengan latar belakang bahwa salah satu yang mengarahkan seseorang dalam melakukan sesuatu adalah motif. Pada era digital ini, instant messaging LINE dan Whatsapp menjadi kebutuhan sebagai media komunikasi. 

Metode pengumpulan data menggunakan Focus Group Discussion (FGD) sebanyak enam orang mahasiswa. Hasil dari pengamatan yang dilakukan penulis adalah motif mahasiswa menggunakan LINE dan Whatsapp yaitu motif informasi, motif identitas pribadi, motif integrasi sosial, motif interaksi sosial, motif pengaruh sosial, motif hiburan dan motif kompatibilitas layanan.

Kesimpulan dan saran yaitu motif yang telah ditemukan diatas pada kedua aplikasi instant messaging yaitu LINE dan Whatsapp muncul dengan jenis, cara dan kadar yang berbeda. Perbedaan yang ada karena keduanya memiliki fitur dan penggunaan yang disesuaikan dengan kebutuhan para penggunanya. Untuk penelitian selanjutnya disarankan agar dapat mengukur seberapa besar presentase motif – motif tersebut digunakan sebagian besar orang.

Kata Kunci: Motif Penggunaan, Instant Messaging, LINE, Whatsapp

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman depan.pdf
Bab 1.pdf
Bab 2.pdf
Bab 3.pdf
Bab 4.pdf
pernyataan.jpg
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Nora Nailul Amal, S.sos, M.LMEd, Hons
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP