Penulis Utama : Rizka Sheentya D.a.
NIM / NIP : D0210099
×

ABSTRAK

Pola Komunikasi terbentuk dari proses komunikasi antar dua individu atau lebih yang saling mengirimkan pesan untuk dapat dipahami. Melalui proses komunikasi yang dilakukan antar para pecandu game online Dragon Nest yang berlangsung dengan intensitas yang tinggi dan dengan tujuan yang sama, maka terbentuklah pola komunikasi. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan  bagaimana pola komunikasi antar para pecandu game online di Surakarta.
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Jenis observasi dalam penelitian ini adalah observasi partisipasi (participant observation), Peneliti ikut aktif secara langsung dalam mengamati proses komunikasi antar para pecandu game online Dragon Nest di Game Center NOL. Teknik penarikan sampel dalam penelitian ini dengan metode purposive sampling. Populasi adalah seluruh pemain game online Dragon Nest di Game Center NOL. Sampelnya adalah 5 orang pecandu game online Dragon Nest di Game Center NOL. Teknik analisis data dilakukan melalui proses analisa data melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Dari hasil penelitian dapat diketahui pola komunikasi yang terbentuk dari proses komunikasi dari kegiatan mereka bermain game online Dragon Nest. Pola komunikasi ini terbentuk karena persamaan hobi dan perasaan nyaman dengan lingkungan mereka, yang menimbulkan rasa kebersamaan melalui komunikasi. Didalam pola komunikasi ini bertujuan untuk bertukar informasi, berbagi pengalaman, tolong menolong, dan bercanda gurau melepas penat.

 

×
Penulis Utama : Rizka Sheentya D.a.
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D0210099
Tahun : 2017
Judul : Pola Komunikasi Antar Para Pecandu Game Online di Surakarta (Studi Kasus pola komunikasi pecandu game online Dragon Nest di game center NOL di Surakarta)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. ISIP - 2017
Program Studi : S-1 Ilmu Komunikasi
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. ISIP- Jur. Ilmu Komunikasi-D0210099-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. CH Heny Dwi Surwati, S.Sos.,M.Si.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.