Penulis Utama : Pravitri Retno Widyastuti
NIM / NIP : D0211078
×

ABSTRAK
Media   baru   saat   ini   sudah   menjadi   aspek   penting   dalam   kehidupan komunikasi masyarakat. Hampir seluruh masyarakat memiliki akun di media sosial untuk memenuhi kebutuhan mereka dalam berselancar di dunia maya. Revolusi komunikasi yang sedang berlangsung ini juga terjadi di dunia politik. Ketika dulu kampanye hanya dilakukan secara konvensional lewat pertemuan langsung bersama masyarakat, sekarang ini kampanye bisa dilakukan secara digital. Media baru menyediakan platform komunikasi yang memungkinkan interaksi antara kedua belah pihak.

Para tokoh politik menggunakan media baru unuk membentuk realitas dan opini masyarakat agar mendapatkan dukungan. Untuk mendapatkan dukungan tersebut, tokoh politik harus menguasai komunikasi. Castells menjelaskan bahwa berbagai hubungan power seperti itu dapat diubah oleh aktor-aktor sosial yang menghendaki perubahan sosial dengan mempengaruhi pikiran publik.

Pengumpulan data menggunakan metode observasi dan wawancara. Metode observasi dilakukan dengan mengamati aktivitas di media baru milik Ipong Muchlissoni, yaitu blog, facebook, twitter, dan YouTube. Sedangkan metode wawancara dilakukan untuk memberikan jawaban yang tidak bisa didapat melalui observasi dan sebagai teknik triangulasi data. Wawancara dilakukan dengan 7 informan yang berasal dari kalangan tim sukses, aktivis LSM, dan pendukung Ipong Muchlissoni.

Kesimpulan dari penelitian ini  adalah: (1) Media baru digunakan sebagai sarana pengenalan visi, misi, dan program kampanye, serta komunikasi bagi pasangan Ipong   Muchlissoni-Soedjarno   terhadap   golongan   pemilih   pemula,   dan   (2) Penggunaan media baru juga ditunjang adanya komunikasi personal dengan melakukan kunjungan ke 307 desa yang ada di Ponorogo.

Kata kunci: Media Baru, Kampanye Politik, Pilkada 2015

 

×
Penulis Utama : Pravitri Retno Widyastuti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D0211078
Tahun : 2017
Judul : Media Baru dan Politik (Studi Kasus Penggunaan Blog, Facebook, Twitter, dan YouTube Pasangan Ipong Muchlissoni-Soedjarno dalam Pemilihan Kepala Daerah 2015 Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FISIPOL - 2017
Program Studi : S-1 Ilmu Komunikasi
Kolasi :
Sumber : UNS-FISIP, Prog. Studi Ilmu Komunikasi- D0211078-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Drs. H. Pawito, Ph.D.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.