Penulis Utama : Muhammad Rizal Fuady
NIM / NIP : D1215032
×

ABSTRAK

Industri kecil memiliki peran yang cukup besar sebagai motor penggerak perekonomian nasional. Pihak pemerintah pun dituntut untuk ikut andil dalam perkembangan industri kecil di daerah mereka. Tidak hanya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, tetapi industri ini juga membantu menciptakan peluang berbagai bidang yaitu ekonomi, pariwisata dan sumber daya manusia. Secara tidak langsung, akan menaikkan nama daerah yang banyak akan industri kecil dan industri kreatif, begitu juga menciptakan trademark industri kreatif untuk daerah tersebut.
Salah satu potensi industri kreatif kerajinan yang menonjol berada di Solo bagian utara, adalah di Kelurahan Mojosongo, dimana Kelurahan Mojosongo merupakan salah satu kelurahan yang memiliki potensi industri kreatif kerajinan sangkar burung yang sudah terkenal. Kerajinan sangkar burung di kelurahan Mojosongo tersebut telah mampu memasok produk sangkar burung ke berbagai penjuru Indonesia. Produk sangkar burung yang ditawarkan mulai dari Rp 25.000 sampai Rp 16.000.000. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi bauran pemasaran yang dilakukan oleh Kelompok Solo Sangkar Craft dalam meningkatkan penjualan sangkar burung. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Data penelitian diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi.
Pada penelitian ini ditemukan bahwa : 1) strategi pemasaran memfokuskan pada strategi produk dan strategi promosi. 2) strategi produk menjadi faktor terpenting dalam mempresentasikan produk sangkar burung. 3) Iklan yang digunakan adalah  media sosial Facebook 4) Target pasar dari Kelompok Solo Sangkar Craft adalah konsumen menengah atas.
Kata Kunci: Bauran Pemasaran, Industri Kreatif, Pengrajin Sangkar Burung.

 

×
Penulis Utama : Muhammad Rizal Fuady
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D1215032
Tahun : 2017
Judul : Strategi Komunikasi Bauran Pemasaran Kelompok Pengrajin Sangkar Burung (Studi Tentang Strategi Komunikasi Bauran Pemasaran Kelompok Solo Sangkar Craft dalam Meningkatkan Penjualan Sangkar Burung di Mojosongo, Surakarta Tahun 2017)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FISIPOL - 2017
Program Studi : S-1 Ilmu Komunikasi Non Reguler
Kolasi :
Sumber : UNS-FISIP, Prog. Studi Ilmu Komunikasi - D1215032-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Widyantoro, M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.