Penulis Utama : Siti Aminah
NIM / NIP : K7113203
×

ABSTRAK

 

Siti Aminah. K7113203. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONCEPT SENTENCE DENGAN MEDIA FLASH CARD UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI PADA SISWA KELAS V SD NEGERI TOTOSARI 102 KOTA SURAKARTA TAHUN AJARAN   2016/   2017.   Skripsi.   Surakarta:   Fakultas   Keguruan   dan   Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Juni 2017.

Tujuan Penelitian ini untuk meningkatkan keterampilan menulis puisi melalui model pembelajaran concept sentence dengan media flashcard. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek penelitian siswa kelas V terdiri dari 25 Siswa.   Metode pengumpulan data melalui wawancara, pengamatan, tes dan kajian dokumen. Untuk menguji validitas data, digunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis interaktif yang terdiri dri empat komponen yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Penelitian dilaksankan dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) Observasi ( 4) Refleksi Tindakan.

Hasil penelitian menunjukan   bahwa penerapan model concept sentence dengan media flash card dapat meningkatkan keterampilan menulis puisi pada siswa kelas V SD Negeri di Laweyan Surkarta tahun ajaran 2016/2017. Pada kondisi awal sebelum tindakan, ketuntasan siswa prasiklus sebesar 32%. Dengan Kriteria  Ketuntasan  Minimal  70.  Setelah  penggunaan  model  pembelajaran concept  sentence  dengan  media  flashcard  pada  siklus  I  ketuntasan  siswa meningkat menjadi 42%, selanjutnya pada siklus II meningkat menjadi 80%.

Berdasarkan penelitian ini dapat disimpukan bahwa   Penerapan Model Pembelajaran Concept Sentence dengan Media Flash Card dapat meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi pada Siswa Kelas V SD Negeri Totosari 102 Kota Surakarta Tahun Ajaran 2016/ 2017.

Kata kunci : Keterampilan menulis puisi, Model pembelajaran concept sentence, dan Media Flash Card.

 

×
Penulis Utama : Siti Aminah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7113203
Tahun : 2017
Judul : Penerapan Model Pembelajaran Concept Sentence Dengan Media Flash Card Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas V SD Negeri Totosari 102 Kota Surakarta Tahun Ajaran 2016/ 2017)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP-Jur. Pend. PGSD-K7113203-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Siti Kamsiyati, M.Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.