Penulis Utama : Nur Esti Handayani
NIM / NIP : K7114120
×

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah menIingkatkan hasil penerapan model pembelajaran Concept Sentence dalam pembelajaran Bahasa Indonesia materi keterampilan menulis pantun pada siswa kelas IV SD Negeri Purwotomo No. 97 Surakarta tahun ajaran 2017/2018.
Subjek penelitian ini adalah guru kelas IV dan 21 siswa kelas IV SD Negeri Purwotomo No. 97 Surakarta tahun ajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari tiga siklus.Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi.Teknik pengumpulan data melalui teknik wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi.Validitas data menggunakan validitas isi, triangulasi sumber, dan triangulasi teknik. Data tersebut dianalisis dengan teknik deskriptif komparatif dan model analisis interaktif yang terdiri dari tiga langkah, yaitu pengumpulan data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi.
Hasil penelitian, ditinjau dari hasil observasi, penerapan model pembelajaran Concept Sentence meningkatkan aktivitas siswa, yaitu aktivitas mendengar, berbicara, membaca, menulis, serta aktivitas mental. Ditinjau dari nilai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) yaitu 70 diperoleh ketuntasan klasikal 29%, siklus I ketuntasan klasikal meningkat menjadi 43%, siklus II ketuntasan klasikal meningkat menjadi 86%, dan siklus III ketuntasan klasikal meningkat menjadi 90%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Concept Sentence dapat meningkatkan keterampilan menulis pantun pada siswa kelas IV SD Negeri Purwotomo No. 97 Surakarta tahun ajaran 2017/2018.
Kata kunci: model pembelajaran, Concept Sentence, keterampilan menulis pantun

 

×
Penulis Utama : Nur Esti Handayani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7114120
Tahun : 2018
Judul : Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Concept Sentence Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Pantun Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar (Penelitian Tindakan Kelas Di Sd Negeri Purwotomo No. 97 Surakarta Tahun Ajaran 2017/2018)
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : UNS-P. KIP Jur. Pendidikan Guru Sekolah Dasar-K7114120-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Endang Sri Markamah, M.Pd.
2. Drs. M. Ismail Sriyanto, M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.