Penulis Utama : Fajrina Zainaby Azzurri
NIM / NIP : D0213038
×

ABSTRAK

Menjaga keintiman sebagai salah satu karakteristik yang dibutuhkan bagi suatu hubungan asmara merupakan hal yang sulit dalam hubungan jarak jauh. Penyebab utamanya adalah kurangnya komunikasi tatap muka (FtF) sehingga lebih bergantung pada Computer Mediated Communication (CMC) yang berbasis teks.
Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan ada tidaknya hubungan antara frekuensi penggunaan emoji, intensitas komunikasi, tingkat kesamaan kepribadian dan tingkat idealisasi dengan tingkat keintiman komunikasi dalam hubungan jarak jauh. Penelitian ini adalah penelitian korelatif yang menggunakan teknik simple random sampling dalam pengambilan sampel. Data diperoleh dengan menyebarkan kuesioner kepada 95 mahasiswa S1 Reguler FISIP UNS yang menjadi sampel penelitian.
Hasil analisis korelasi menunjukkan bahwa hubungan antara tingkat idealisasi dengan tingkat keintiman adalah yang paling dominan dengan koefisien korelasi sebesar 0,566. Kemudian, disusul oleh hubungan antara tingkat kesamaan kepribadian dengan tingkat keintiman komunikasi dengan koefisien korelasi sebesar 0,397. Ketiga yaitu hubungan antara frekuensi penggunaan emoji dengan tingkat keintiman komunikasi dengan koefisien korelasi sebesar 0,281. Terakhir adalah hubungan antara intensitas komunikasi dengan tingkat keintiman komunikasi dengan koefisien korelasi sebesar 0,278. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan dan positif antara frekuensi penggunaan emoji, intensitas komunikasi, tingkat kesamaan kepribadian, dan tingkat idealisasi dengan tingkat keintiman komunikasi.

Kata Kunci: studi korelasi, keintiman komunikasi, CMC, hubungan jarak jauh

 

×
Penulis Utama : Fajrina Zainaby Azzurri
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D0213038
Tahun : 2018
Judul : Emoji, Intensitas Komunikasi, Kesamaan Kepribadian, Idealisasi, Dan Keintiman Komunikasi Dalam Hubungan Jarak Jauh (Long Distance Relationship) (Studi Korelasi Frekuensi Penggunaan Emoji, Intensitas Komunikasi, Tingkat Kesamaan Kepribadian, Dan Tingkat Idealisasi Dengan Tingkat Keintiman Komunikasi Long Distance Relationship Di Kalangan Mahasiswa S1 Reguler Fisip Uns Angkatan 2015 – 2017)
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. ISIP - 2018
Program Studi : S-1 Ilmu Komunikasi
Kolasi :
Sumber : UNS-F. ISIP, Jurusan Ilmu Komunikasi, D0213038-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Adolfo Eko Setyanto, M.S.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.