Penulis Utama : Langgeng Tri Utami
NIM / NIP : D0214053
×

ABSTRAK

Pesatnya perkembangan jumlah pengguna internet, tentunya telah memicu munculnya berbagai produk hasil dari internet yaitu new media atau media baru. media baru memunculkan sebuah media perantara yang disebut media sosial. Adanya media sosial membuka kesempatan bahwa setiap individu bisa menjadi pengirim dan penerima informasi sekaligus. Dari sekian banyak produk media sosial yang ditawarkan, salah satunya yang tengah di gandrungi masyarakat yaitu fitur media sosial Instagram Stories. Masyarakat mengakses fitur tersebut dengan pola penggunaan yang berbeda didorong oleh motif berupa kebutuhan sosial dan psikologis mereka. Pola penggunaan fitur Instagram Stories dan motif yang menyertainya akan menimbulkan efek tingkat kepuasan yang berbeda-beda pula pada masing-masing pengguna.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara motif mengakses fitur Instagram Stories dengan pola penggunaan mengakses fitur Instagram Stories dan untuk mengetahui hubungan antara pola penggunaan fitur Instagram Stories dengan kepuasan yang diperoleh pengguna yakni di kalangan mahasiswa. Studi ini menggunakan pendekatan Uses and Gratification model Katz, Blumler, dan Gurevitch. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode survey yaitu mengambil sampel dari suatu populasi dengan menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpul data. Kemudian data yang terkumpul tersebut diproses, ditabulasi, dan dianalisis. Lokasi penelitian ini adalah di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sebelas Maret dengan sampel Mahasiswa Ilmu Komunikasi angkatan 2016-2017. Analisis data menggunakan metode korelasi Tata Jenjang Spearman (Spearman-Rho).
Setelah melalui perhitungan atas jawaban responden yang diperoleh melalui kuesioner, hubungan antara motif mengakses fitur Instagram Stories dengan pola penggunaan diperoleh nilai rs sebesar 0,286 yakni mempunyai hubungan yang rendah dan lemah. Sedangkan dalam analisis hubungan antara pola penggunaan fitur Instagram Stories dengan kepuasan setelah mengakses diperoleh nilai rs sebesar 0,209 yakni mempunyai hubungan yang rendah dan lemah.

Kata kunci: New Media, Motif Mengakses Fitur Instagram Stories, Pola Penggunaan Fitur Instagram Stories, Kepuasan Setelah Mengakses Fitur Instagram Stories, Teori Uses and Gratification.

 

×
Penulis Utama : Langgeng Tri Utami
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D0214053
Tahun : 2018
Judul : Motif, Pola Penggunaan, Dan Kepuasan Mengakses Fitur Instagram Stories (Studi Korelasi antara Pengaruh Motif, Pola Penggunaan dan Kepuasan Mengakses Fitur Instagram Stories dalam Pemenuhan Kebutuhan Hiburan di Kalangan Mahasiswa S-1 Reguler Ilmu Komunikasi Angkatan 2016-2017 FISIP Universitas Sebelas Maret)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. ISIP - 2018
Program Studi : S-1 Ilmu Komunikasi
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. ISIP-Jur. Ilmu Komunikasi-D0214053-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Deniawan Tommy Chandra W., S.Sos., M.I.Kom.
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.