Penulis Utama : Mira Adita Widianti
NIM / NIP : D0212070
×

ABSTRAK


Berawal dari masalah kemacetan di Jakarta, komunitas nebengers berdiri untuk membantu masyarakat. Komunitas ini mengajak masyarakat untuk berbagi kendaraan dengan memberikan tumpangan atau menumpang dengan orang lain. Nebengers mulai bekerja melalui media sosial twitter. Mencari tumpangan atau memberikan tumpangan melalui media sosial. Tanpa saling mengenal dan hanya bertemu melalui media sosial, para anggota nebengers mau berbagi kendaraannya. Penelitian ini dilakukan guna untuk mengetahui bagaimana proses komunikasi interpersonal yang terjadi dalam membangun kepercayaan melalui media sosial dalam mencari tumpangan atau memberikan tumpangan

Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teori Reduksi Ketidakpastian dari Berger dan Calabrese, serta mengikuti apa yang dijelaskan oleh  Jalaluddin  Rakhmat  bahwa  untuk  menumbuhkan  sikap  percaya  ada  tiga faktor utama yaitu menerima, empati dan kejujuran.

Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif yang menggunakan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara mendalam  sebagai  sumber  data  utama  dalam  penelitian  ini.  Sampel  yang digunakan  dalam  penelitian  ini  yaitu  anggota nebengers  aktif  yang berada di Jakarta. Jakarta merupakan daerah tempat sebagian besar komunitas nebengers aktif dan bekerja. Teknik purposive sampling terutama adalah convenience sampling. Analisa data yang digunakan yaitu teknik analisa data milik Robert K. Yin yaitu penjodohan pola.

Penelitian ini berkesimpulan bahwa: (1) Dalam membangun kepercayaan antara pemberi tumpangan dan penumpang, para anggota nebengers mengikuti tiga   faktor   utama   membangun   kepercayaan   yaitu   menerima,   empati,   dan kejujuran. (2) Dalam memprediksikan bahwa seseorang tidak akan mengkhianati, dapat bekerja sama dengan baik dan dapat menumbuhkan kepercayaan individu pada  individu  lainnya  lebih  besar,  mengikuti  tiga  tahap  transaksi  komunikasi yaitu, tahap masuk, tahap personal, dan tahap keluar. (3) Dalam rangka untuk mengambil   informasi   demi   mengetahui   calon   penumpang   atau   pemberi tumpangan adalah orang yang dapat dipercaya, angggota nebengers melakukan strategi informasi pasif, aktif, dan interaktif.

Kata Kunci: komunikasi interpersonal, media sosial, kepercayaan, studi kasus.

 

×
Penulis Utama : Mira Adita Widianti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D0212070
Tahun : 2017
Judul : Komunikasi Interpersonal Membangun Kepercayaan Komunitas Nebengers melalui Media Sosial
Edisi :
Imprint : Surakarta - FISIPOL - 2017
Program Studi : S-1 Ilmu Komunikasi
Kolasi :
Sumber : UNS-FISIP, Prog. Studi Ilmu Komunikasi- D0212070-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Sri Hastjarjo, S.Sos.,Ph.D
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.