Penulis Utama : Alwan Fitriyanto
NIM / NIP : S881502002
×

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) perbedaan hasil belajar menggunakan model pembelajaran Problem Solving, Numbered Heads Together dan Ceramah (2) hasil belajar antara model pembelajaran Problem Solving lebih tinggi dari Numbered Heads Together dan lebih tinggi Ceramah yang memiliki motivasi belajar tinggi. (3) hasil belajar antara model pembelajaran Problem Solving lebih rendah dari Numbered Heads Together dan lebih rendah dari Ceramah yang memiliki motivasi belajar rendah. (4) pengaruh interaksi antara model pembelajaran dan motivasi belajar siswa terhadap terhadap hasil belajar geografi (5) variasi model pembelajaran yang paling efektif dalam meningkatkan hasil belajar geografi.
Metode   yang   digunakan   Quasi   Eksperimental   Research   (Penelitian ekserimen semu) dengan desain faktorial 3 x 2. Analisis penelitian menggunakan anava dua jalur.
Teknik pengambilan data menggunakan dokumentasi, soal dan angket. Uji
hipotesis dilakukan dengan Uji Anava, kemudian dilakukan uji lanjut dengan Uji
Tukey.
Hasil dari penelitian ini adalah (1) Terdapat perbedaan hasil belajar geografi pada penerapan model Problem Solving, Numbered Heads Together dan metode Ceramah.  (2)  hasil  belajar  antara  model  pembelajaran  Problem  Solving  lebih tinggi dari Numbered Heads Together dan lebih tinggi Ceramah yang memiliki motivasi belajar tinggi. (3) hasil belajar antara model pembelajaran Problem Solving lebih tinggi dari Numbered Heads Together dan lebih tinggi dari Ceramah yang  memiliki  motivasi  belajar  rendah.  (4)  adanya  pengaruh  interaksi  antara model pembelajaran motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar geografi (5) variasi  model  pembelajaran  Problem  Solving  dengan  motivasi  belajar  tinggi paling efektif dalam meningkatkan hasil belajar geografi

 

×
Penulis Utama : Alwan Fitriyanto
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S881502002
Tahun : 2017
Judul : Pengaruh Model Pembelajaran Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Geografi Pada Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri Kerjo Kabupaten Karanganyar (Materi Pokok Kearifan Dalam Pemanfaatan Sumber Daya Alam Kompetensi Dasar Sumber Daya Alam)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2017
Program Studi : S-2 Pendidikan Geografi
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana-Prodi Magister Pendidikan Geografi-S881502002-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Chatarina Muryani, M.Si
2. Dr. Sarwono, M.Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.