Penulis Utama : Mirza Amar Husna Rosyadi
NIM / NIP : K5412051
×

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui potensi wisaat pada Grojogan Sewu di Kecamatan Tawangmangu Kabupaten Karanganyar dan pengembangan potensi wisata Grojogan Sewu. Implementasi hasil penelitian untuk suplemen materi pembelajaran Geografi SMA kelas XI Kurikulum 2013.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Populasi penelitian ini adalah pengunjung, dan pengelola obyek wisata. Teknik sampling pada penelitian untuk wisatawan menggunakan accidental sampling/convenience sampling (sampling aksidental) Sedangkan untuk pengelola obyek wisata menggunakan purposive/judgemental sampling (sampling purposif).  Teknik pengambilan data menggunakan observasi, wawancara, angket, dan studi dokumetasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis ekologi untuk mengetahui kinerja Obyek Wisata Grojogan Sewu, analisis skoring  untuk menentukan klasifikasi potensi wisata, dan analisis SWOT untuk arahan pengembangan Obyek Wisata Grojogan Sewu. Hasil penelitian ini berupa klasifikasi potensi dan arahan pengembangan Obyek Wisata Grojogan Sewu.
Kesimpulan penelitian ini adalah: (1) obyek wisata Grojogan Sewu merupakan obyek wisata dengan kelas potensi cukup poensial. (2) Pengembangan obyek wisata berdasarkan pada peningkatan kekuatan dan peluang dan secara bersamaan mengurangi kelemahan dan ancaman.

×
Penulis Utama : Mirza Amar Husna Rosyadi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K5412051
Tahun : 2019
Judul : Analisis Potensi Obyek Wisata Grojogan Sewu di Kecamatan Tawangmangu Kabupaten Karanganyar Tahun 2019 (Sebagai Materi Pembelajaran Geografi pada Kompetensi Dasar Menganalisis Bentuk-bentuk Kearifan Lokal dalam Pemanfaatan Sumber Daya Alam bidang Pertanian, Pertambangan, Industri dan Pariwisata)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2019
Program Studi : S-1 Pendidikan Geografi
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP Jur. Pendidikan Geografi-K5412051-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Yasin Yusup, S.Si, M.Si.
2. Dr. Ahmad M.Si.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.