Penulis Utama : Teza Setya Adi Nugraha
NIM / NIP : K5412074
×

Abstrak:

Penelitian ini dilaksanakan di Karaton Kasunanan Surakarta Hadiningrat dengan tujuan, (1) Mengetahui karakteristik wisatawan nusantara di objek wisata Keraton Surakarta. (2) Mengetahui motivasi dari wisatawan nusantara yang berkunjung ke objek wisata Keraton Surakarta. (3) Mengetahui persepsi wisatawan nusantara terhadap objek wisata Keraton Surakarta. (4) Mengetahui implementasi hasil penelitian sebagai suplemen untuk materi pembelajaran geografi SMA kelas XI pada KD 3.6 Menganalisis Bentuk-bentuk Kearifan Lokal dalam Pemanfaatan Sumber Daya Alam Bidang Pertanian, Pertambangan, Industri, dan Pariwisata. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan spasial. Teknik pengambilan sampel dilakukan menggunakan simple random sampling. Teknik pengumpulan data yaitu dengan cara observasi, dokumentasi, dan kuesioner/angket. Teknik analisis data menggunakan model analisis interaktif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Karakteristik demografi wisatawan di Keraton Surakarta mayoritas masuk kategori remaja, mayoritas laki-laki, mayoritas berasal dari dari Kabupaten Sukoharjo, 18 wisatawan berasal dari desa dan 32 dari kota. Karakteristik sosial-ekonomi masuk dalam kelompok menengah- bawah, dengan mayoritas lulusan SMA/SMK, berprofesi pelajar/mahasiswa, dan belum berpenghasilan (2) Persepsi wisatawan menyatakan “baik” pada kondisi jalan, layanan pengelola dan pemandu wisata (tour guide)., kekurangan jalan berupa ruas jalan sempit, saran berupa perluasan ruas jalan, wisatawan mempersepsikan “cukup” pada sarana dan prasarana yang ada, kondisi kebersihan, kondisi objek wisata, kepuasan selama berwisata, dan kepuasan terhadap objek wisata., sarana dan prasarana yang kurang yaitu gazebo dan toilet, sarana dan prasarana yang rusak agar “diperbaiki”, daya tarik kunjungan ada pada “senjata/pusaka”, pendapat dan saran wisatawan berupa “melestarikan dan menjaga keaslian keraton”. Ada perbedaan persepsi antara wisatawan yang berasal dari desa dan kota yaitu pada kondisi jalan, sarana dan prasarana yang ada, daya tarik kunjungan, kondisi objek wisata, kepuasan pada objek wisata, dan kepuasan selama berwisata. Persamaan persepsi ada pada sarana dan prasarana yang rusak, kondisi kebersihan,  dan  layanan  pengelola dan  pemandu  wisata.  (3) Motif  wisatawan berupa sumber informasi didapatkan secara lisan, motif pendorong untuk mengenal kebudayaan dan kesenian, sebagai tujuan utama wisatawan, inisiatif kunjungan atas kemauan sendiri. (4) Hasil penelitian digunakan sebagai suplemen pembelajaran geografi kelas XI SMA Kurikulum 2013.

 

 

 

Kata Kunci : Karakteristik, Persepsi, Motif, Wisatawan, Keraton Surakarta

<!--[if gte mso 9]><xml> </xml><![endif]--><!--[if gte mso 9]><xml> Normal 0 false false false EN-US X-NONE X-NONE </xml><![endif]--><!--[if gte mso 9]><xml> </xml><![endif]--><!--[if gte mso 10]> <style> /* Style Definitions */ table.MsoNormalTable {mso-style-name:"Table Normal"; mso-tstyle-rowband-size:0; mso-tstyle-colband-size:0; mso-style-noshow:yes; mso-style-priority:99; mso-style-parent:""; mso-padding-alt:0in 5.4pt 0in 5.4pt; mso-para-margin:0in; mso-para-margin-bottom:.0001pt; mso-pagination:widow-orphan; font-size:10.0pt; font-family:"Calibri",sans-serif; mso-bidi-font-family:"Times New Roman";} </style> <![endif]-->

×
Penulis Utama : Teza Setya Adi Nugraha
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K5412074
Tahun : 2017
Judul : STUDI TENTANG WISATAWAN NUSANTARA DI OBJEK WISATA KERATON SURAKARTA TAHUN 2017 (Sebagai Suplemen Bahan Ajar dalam Pembelajaran Geografi SMA Kelas XI pada Kompetensi Dasar 3.6 Menganalisis Bentuk-bentuk Kearifan Lokal dalam Pemanfaatan Sumber Daya Alam Bidang Pertanian, Pertambangan, Industri, dan Pariwisata)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Geografi
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP-Jur. Pendidikan Geografi-K5412074 -2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Sarwono, M.Pd.,
2. Dra. Inna Prihartini, MS.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.