Penulis Utama : Adhityo Tri Nugroho
NIM / NIP : K4610005
×

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar lompat tinggi gaya straddle menggunakan alat bantu pembelajaran. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 2 Sragen pada tahun ajaran 2016/2017.
    Subyek penelitian adalah siswa kelas X TP 1 berjumlah 32 siswa dan obyek penelitinnya adalah peningkatan hasil belajar lompat tinggi gaya straddle menggunakan alat bantu pembelajaran. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang bersifat kolaboratif antara peneliti bekerjasama dengan guru penjasorkes. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, kemudian tahap dalam setiap siklusnya terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data meliputi observasi dan penilaian hasil belajar lompat tinggi gaya straddle. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah menelaah semua data yang tersedia, baik data kuantitatif secara statistik deskriptif komparatif (persentase) maupun data kualitatif secara analisis kritis.
Berdasarakan analisis data diperoleh hasil belajar lompat tinggi gaya straddle dapat ditingkatkan menggunakan alat bantu pembelajaran. Pada siklus I sebanyak 32 siswa, yang termasuk kategori tuntas adalah 62,5% atau sebanyak 20 siswa, dan yang belum tuntas sebesar 37,5% atau sebanyak 12 siswa.  Dan pada siklus II sebanyak 32 siswa, yang termasuk kategori tuntas sebesar 84,3% atau sebanyak 27 siswa, dan yang belum tuntas sebesar 15,7% atau sebanyak 5 siswa. Simpulan dalam penelitian ini adalah penggunaan alat bantu pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar lompat tinggi gaya straddle pada siswa kelas X TP 1 SMK Negeri 2 Sragen tahun ajaran 2016/2017.

Kata Kunci : Hasil Belajar Lompat Tinggi Gaya Straddle, Alat Bantu Pembelajaran

×
Penulis Utama : Adhityo Tri Nugroho
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4610005
Tahun : 2017
Judul : Upaya Peningkatan Hasil Belajar Lompat Tinggi Gaya Straddle Menggunakan Alat Bantu Pembelajaran pada Siswa Kelas X TP 1 SMK Negeri 2 Sragen Tahun Ajaran 2016/2017
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP Jur. Pendidikan Jasmani Kesehatan Dan Rekreasi-K4610005-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Agus Kristiyanto, M.Pd.
2. Tri Winarti Rahayu, S.Pd, M.Or.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.