Penulis Utama : Aang Kurnia
NIM / NIP : S991508001
×

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Menganalisis pengembangan e-book mata pelajaran ekonomi berbasis komik digital untuk meningkatkan hasil belajar siswa SMA Negeri di Lampung Timur, 2) Menganalisis keefektifan e-book mata pelajaran ekonomi berbasis komik digital untuk meningkatkan hasil belajar siswa SMA Negeri di Lampung Timur.

Penelitian pengembangan e-book ini menggunakan prosedur Borg and Gall yang dimodifikasi. Analisis data dalam proses pengembangan menggunakan analisis deskriptif, analisis kelayakan e-book dengan skor skala dan menggunakan analisis tes hasil belajar siswa dengan uji t-test. Hasil analisis deskriptif e-book mata pelajaran ekonomi berbasis komik digital berdasarkan hasil validitas dari ahli media mendapat penilaian sebesar 100%, layak digunakan dengan kriteria sangat baik, ahli materi sebesar 96%, layak digunakan dengan kriteria sangat baik, ahli bahasa sebesar 100%, layak digunakan dengan kriteria sangat baik dan ahli praktisi mendapat penilaian sebesar 100%, layak digunakan dengan kriteria sangat baik. Sedangkan penilaian dari siswa melalui uji coba terbatas diperoleh nilai 90,96%, layak digunakan dengan kriteria sangat baik.

Hasil uji keefektifan e-book mata pelajaran ekonomi berbasis komik digital menggunakan program IBM SPSS 20 dengan rumus uji t-test didapat nilai rata-rata pretest hasil belajar siswa kelas eksperimen yaitu sebesar 57,62 dan nilai rata-rata posttes sebesar 84,29, sedangkan pada kelas kontrol nilai rata-rata pretest sebesar
58,5 dan nilai rata-rata posttest sebesar 79,8. Hasil tersebut menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen lebih baik dari pada kelas kontrol. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa pengembangan  e-book mata pelajaran ekonomi berbasais komik digital efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

 

×
Penulis Utama : Aang Kurnia
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S991508001
Tahun : 2017
Judul : Pengembangan E-Book Mata Pelajaran Ekonomi Berbasis Komik Digital Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMA Negeri di Lampung Timur
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2017
Program Studi : S-2 Pendidikan Ekonomi
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana-Prodi Magister Pendidikan Ekonomi-S991508001-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Baedhowi, M.Si,
2. Dr. Heri Sawiji, M.Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.