Penulis Utama : Zaenal Arifin
NIM / NIP : S991502020
×

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui pengembangan Lembar Kerja Siswa dengan pendekatan saintifik untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X SMA  Negeri 2 Buay Bahuga Lampung, 2) mengetahui keefektifan Lembar Kerja Siswa dengan pendekatan saintifik untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X SMA  Negeri 2 Buay Bahuga  Lampung.
Penelitian dan pengembangan Lembar Kerja Siswa ini menggunakan prosedur Borg and Gall yang dimodifikasi terdiri 8 langkah. Desain dalam penelitian ini menggunakan desain pretest-postest control group desaign   dan teknik pengambilan sampel dengan classtem random sampling. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas X (203 siswa) SMA Negeri 2 Bauy bahuga Lampung dan sampel dalam penelitian siswa kelas X IPS.2 (kelas eksperimen) X IPS.1 (kelas kontrol). Analisis data yang digunakan selama pengembangan adalah analisis deskriptif, analisis kelayakan Lembar Kerja Siswa berdasarkan skor kriteria, dan analisis hasil belajar siswa melalui t-test.
Berdasarkan hasil analisis deskriptif Lembar Kerja Siswa dengan pendekatan saintifik disimpulkan bahwa mendapatkan nilai hasil validasi ahli materi 88,24, ahli media 96,74, ahli bahasa 100, dan praktisi 93,80, semua dengan kriteria sangat baik. Berdasarkan hasil uji coba pemakaian didapat nilai rata-rata posttest kelas eksperimen 90,67 dan nilai rata-rata posttest kelas kontrol 70,65. Hal ini menunjukkan bahwa hasil pengembangan Lembar Kerja Siswa dengan pendekatan saintifik layak digunakan dalam proses pembelajaran dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Kata kunci: Pengembangan, Lembar Kerja Siswa dengan pendekatan saintifik, hasil belajar siswa.

 

×
Penulis Utama : Zaenal Arifin
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S991502020
Tahun : 2017
Judul : Pengembangan Lembar Kerja Siswa dengan Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X SMA Negeri 2 Buay Bahuga Lampung Tahun pelajaran 2016/2017
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2017
Program Studi : S-2 Pendidikan Ekonomi
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP, Prog. Magister Pendidikan Ekonomi- S991502020-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Asri Laksmi Riani, M.S.
2. Dr. Andre Noevi Rahmanto, M.Si.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.