Penulis Utama : Sari Nur Fitriana
NIM / NIP : F0113086
×

ABSTRAK

 Pemanasan global yang diakibatkan karena meningkatnya gas rumah kaca pada lapisan troposfer menyebabkan terjadinya fenomena perubahan iklim. Perubahan iklim ditandai dengan adanya perubahan unsur-unsur iklim seperti peningkatan suhu dan curah hujan yang berdampak pada beberapa aspek kehidupan salah satunya sektor pertanian. Perubahan suhu dan curah hujan yang terjadi memberikan dampak langsung ataupun tidak langsung yang dapat merugikan tanaman pangan khususnya padi sehingga akan berpengaruh terhadap hasil produktivitasnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi hubungan antara perubahan unsur iklim yaitu suhu dan curah dengan produktivitas padi dan mengetahui tingkat kerentanan penghidupan petani dalam menghadapi bencana banjir akibat perubahan iklim di Kabupaten Sragen. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder. Data sekunder antara lain data suhu, curah hujan, dan produktivitas padi yang didapatkan dari Balai Pengelolaan Sumber Daya Air DAS Bengawan Solo, Dinas Pertanian dan BPS Kabupaten Sragen. Data primer dikumpulkan melalui wawancara kepada 122 petani sebagai responden di Desa Kecik. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode non probability sampling secara purposive. Analisis data yang digunakan untuk data sekunder adalah dengan menghitung tingkat korelasi dan untuk data primer dengan menggunakan perhitungan indeks LVI dan LVI IPCC pada Microsoft Excel.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa hubungan antara suhu dan curah hujan dengan produktivitas padi adalah negatif dengan nilai masing-masing -0,32 dan -0,51. Tingkat kerentanan penghidupan petani di Desa Kecik Kecamatan Tanon Kabupaten Sragen terhadap bencana banjir akibat perubahan iklim tergolong rentan berdasarkan skala LVI dengan nilai sebesar 0,394 dan LVI IPCC sebesar 0,033.
Kata kunci: Perubahan iklim, Kerentanan, LVI, Sektor Pertanian.

 

×
Penulis Utama : Sari Nur Fitriana
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F0113086
Tahun : 2017
Judul : Hubungan Perubahan Iklim Dengan Produktivitas Padi Dan Tingkat Kerentanan Penghidupan Petani Di Kabupaten Sragen (Studi Pada: Desa Kecik Kecamatan Tanon Kabupaten Sragen)
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Ekonomi dan Bisnis - 2017
Program Studi : S-1 Ekonomi Pembangunan
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Ekonomi dan Bisnis-Program Studi Ekonomi -F0113086-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Evi Gravitiani, S.E.,M.Si,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.