Penulis Utama : Fauzia Isnaningtyas
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S351602025
Tahun : 2017
Judul : Pelaksanaan Pemberian Ganti Kerugian dalam Pengadaan Tanah untuk Kepentingan Umum dalam Perspektif Keadilan (Studi Pengadaan Tanah untuk Jalan Tol Semarang-Solo di Kabupaten Boyolali Desa Kiringan)
Edisi :
Imprint : surakarta - F. Hukum - 2017
Kolasi :
Sumber : UNS-F.HUKUM, Prog. Studi Magister Kenotariatan - S351602025-2017
Subyek : PENGADAAN TANAH, GANTI KERUGIAN, MUSYAWARAH
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

ABSTRAK


Tujuan penulisan ini mengetahui, menganalisis dan mengkaji keadilan
pemberian ganti kerugian dalam pengadaan tanah untuk kepentingan umum dan tata cara ideal dalam pemberian ganti kerugian dalam pengadaan tanah untuk kepentingan umum.
Penelitian hukum ini menggunakan pendekatan kualitatif. Bahan hukum yang digunakan yaitu bahan hukum primer, bahan hukum sekunder dan bahan hukum tersier. Teknik pengumpulan data yang yang dipergunakan yaitu data primer dan data sekunder, berupa wawancara dan observasi.
Berdasarkan hasil penelitian dihasilkan pelaksanaan pemberian ganti kerugian sudah memenuhi aturan dalam Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2012
Tentang Pengadaan Tanah Bagi Pembangunan Untuk Kepentingan Umum, namun apabila dilihat dari nilai keadilan belum sepenuhnya memenuhi, hal tersebut dapat dilihat dari belum semua masyarakat yang terkena proyek pengadaan tanah menerima hasil musyawarah ganti kerugian, dimana hasil ganti kerugian tersebut membuat kesejahteraan menurun di masyarakat, kemudian berakhir dengan konsinyasi di Pengadilan Negeri Boyolali dan tata cara pemberian ganti kerugian yang ideal seharusnya dilakukan dengan secara musyawarah mufakat anatara masyarakat dengan pelaksana pengadaan tanah.
Hal ini berimplikasi pada jika pelaksanaan pemberian ganti kerugian di desa kiringan belum sepenuhnya memenuhi nilai keadilan, maka akan berdampak pada kesejahteraan masyarakat semakin menurun.
Seyogyanya dalam pelaksanaan pemberian ganti kerugian dapat memenuhi nilai keadilan bagi semua golongan masyarakat dan seyogyanya pemberian ganti kerugian tersebut dilakukan dengan musyawarah mufakat anatara pemerintah dengan masyarakat yang terkena proyek pengadaan.
Kata kunci : Pengadaan Tanah, Ganti Kerugian, Musyawarah

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lembar Persetujuan Publikasi_1.pdf
HALAMAN.pdf
BAB (1).pdf
BAB (2).pdf
BAB (3).pdf
BAB (4).pdf
BAB (5).pdf
DAFTAR PUSTAKA.pdf
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Isharyanto, S.H., M.Hum,
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Hukum