Penulis Utama : Ayu Setiya Munika
NIM / NIP : K7115034
×

Tujuan penelitian ini yaitu: (1) mendeskripsikan langkah-langkah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC), (2) meningkatkan keterampilan membaca intensif melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC), dan (3) mendeskripsikan kendala dan solusi dalam penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) kolaboratif yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SD N 7 Kutosari yang berjumlah 22 siswa. Data yang digunakan adalah data kuantitatif berupa nilai evaluasi keterampilan membaca intensif dan data kualitatif berupa hasil observasi dan wawancara tentang penerapan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan tes. Validitas data menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) langkah-langkah dalam penerapan model pembelajaran CIRC meliputi: (a) orientasi, (b) pembentukan kelompok secara heterogen, (c) pembagian bacaan sesuai dengan topik yang akan dibahas, (d) diskusi kelompok, (e) pembacaan hasil diskusi, (f) kesimpulan, dan (g) penutup; (2) penerapan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC dapat meningkatkan keterampilan membaca intensif; peningkatan tersebut dilihat dari kenaikan persentase ketuntasan siswa yaitu pada siklus I, siklus II, siklus III sebesar 63,63%, 75,00%, dan 86,37%; (3) kendala dalam penelitian ini yaitu: (a) kurangnya persiapan guru dan siswa dalam pembelajaran; (b) siswa kurang aktif; dan (c) pada langkah pembacaan hasil diskusi memerlukan waktu yang lama; adapun solusi yang diberikan yaitu: (a) guru lebih mempersiapkan kelas, siswa, dan materi pembelajaran dalam penerapan model pembelajaran CIRC; (b) guru merangsang keaktifan siswa; dan (c) pembacaan hasil diskusi dilakukan secara bergantian di setiap pertemuan untuk mengektifkan waktu.
Simpulan dalam penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran CIRC dapat meningkatkan keterampilan membaca intensif siswa kelas III SD Negeri 7 Kutosari tahun ajaran 2018/2019.
Kata Kunci: model CIRC, membaca intensif

 

×
Penulis Utama : Ayu Setiya Munika
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7115034
Tahun : 2019
Judul : Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dalam Peningkatan Keterampilan Membaca Intensif Siswa Kelas Iii SD N 7 Kutosari Tahun Ajaran 2018/2019
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2019
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : UNS-F. KIP-Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar-K7115034-2019
Kata Kunci : model CIRC, membaca intensif
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Suhartono, M.Pd.,
2. Dra. Tri Saptuti Susiani, M.Pd.,
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.