Penulis Utama : Elian Devina
NIM / NIP : G0013085
×

ABSTRAK

 

Latar Belakang: Saat ini Indonesia melaksanakan dua sistem pembayaran dalam pelayanan  kesehatan. Pembayaran  pelayanan kesehatan oleh BPJS ke fasilitas kesehatan tingkat lanjutan dilakukan dengan sistem pembayaran INA-CBGs. Sistem INA-CBGs dinilai cost effective dan meningkatkan efisiensi rumah sakit. Namun dalam pelaksanaannya sistem INA-CBGs ini dirasa menyulitkan dan merugikan pihak rumah sakit. Selain itu pasien merasa tidak puas dengan pelayanan dari sistem BPJS ini. Disisi lain, Indonesia masih menerapkan sistem pembayaran langsung. Sistem ini mengakibatkan ekspektasi pasien terhadap provider meningkat sehingga akan memengaruhi pada dimensi kualitas pelayanan yang diberikan. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan kualitas pelayanan rawat jalan berdasarkan perspektif pasien antara sistem pembayaran langsung dan INA-CBGs di RSUD Dr. Moewardi Surakarta.

Metode: Penelitian ini merupakan penelitian observasional analitik dengan pendekatan cross sectional. Responden diambil secara consecutive dengan teknik quota sampling berdasarkan kriteria inklusi dan eksklusi. Sampel berjumlah 110 pasien. Kualitas pelayanan dari perspektif pasien yang dinilai menggunakan skoring  Quality  Impact  (QI)  sebagai  variabel  dependen  dan  sistem  sebagai variabel independen. Kemudian, keduanya dianalisis menggunakan uji Mann - Whitney.

Hasil: Uji Mann – Whitney memberikan hasil bahwa kualitas pelayanan berdasarkan perspektif pasien antara sistem pembayaran langsung dan INA-CBGs tidak terdapat perbedaan yang signifikan (p=0,199) dengan rerata nilai Quality Impact (QI) adalah 8,8435 yang bernilai cukup baik.

Simpulan:  Tidak  terdapat  perbedaan  yang signifikan  pada  kualitas  pelayanan berdasarkan perspektif pasien antara sistem pembayaran langsung dan INA-CBGs di RSUD Dr. Moewardi Surakarta.

Kata  Kunci:  kualitas  pelayanan  berdasarkan  perspektif  pasien,  pembayaran langsung, INA-CBGs

×
Penulis Utama : Elian Devina
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : G0013085
Tahun : 2017
Judul : Perbedaan Kualitas Pelayanan Rawat Jalan Berdasarkan Perspektif Pasien Antara Sistem Pembayaran Langsung dengan INA-CBGS di RSUD Dr. Moewardi.
Edisi :
Imprint : surakarta - F. Kedokteran - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Dokter
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Kedokteran, Prog. Studi Kedokteran - G0013091-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Sumardiyono, SKM, M.Kes
2. Lukman Aryoseto, dr.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.