Penulis Utama : Ajeng Mei Retnoningsih
NIM / NIP : D1516007
×

ABSTRACK
Prosedur adalah langkah-langkah yang saling berkaitan dalam menyelesaikan suatu pekerjaan agar dapat terlaksana dengan tertib, efektif, dan efisien dalam mencapai tujuan perusahaan. Prosedur penjualan komoditas komersial adalah langkah-langkah yang telah ditetapkan dalam kegiatan penjualan komoditas komersial berdasarkan standar operasional prosedur. Tujuan pengamatan ini adalah mengetahui prosedur penjualan komoditas komersial serta kendala apa saja yang dihadapi dalam prosedur penjualan komoditas komersial di Perum BULOG Subdivre III Surakarta.

Pengamatan dilakukan di Perum BULOG Subdivre III Surakarta. Jenis pengamatan yang digunakan dalam penulisan Laporan Tugas Akhir ini menggunakan jenis pengamatan deskriptif kualitatif dengan jenis observasi berperan aktif untuk mendapatkan data yang mendukung dan menggambarkan fakta yang ada. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi, dan mengkaji dokumen dan arsip.

Prosedur penjualan komoditas komersial di Perum BULOG Subdivre III Surakarta terdiri dari lima alur penjualan meliputi: alur penjualan distributor, alur penjualan langsung secara tunai, alur penjualan langsung secara tunda, alur penjualan langsung secara konsinyasi, dan alur penjualan melalui pasar rakyat. Sebelum melaksanakan penjualan komoditas komersial, terlebih dahulu dilakukan sebuah perencanaan penjualan komoditas komersial dan menetapkan dokumen yang digunakan. Kesimpulan yang didapatkan dalam pengamatan ini adalah bahwa prosedur penjualan komoditas komersial di Perum BULOG Subdivre III Surakarta telah berjalan dengan baik, namun masih ada beberapa kendala seperti jaringan internet (wifi) yang kecepatanya kurang, kendala lainnya adalah pegawai kasir yang hanya satu orang sehingga sulit mencari penganti apabila kasir tersebut berhalangan hadir.

Kata kunci: Prosedur, Penjualan, Komoditas Komersial

 

×
Penulis Utama : Ajeng Mei Retnoningsih
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D1516007
Tahun : 2019
Judul : PROSEDUR PENJUALAN KOMODITAS KOMERSIAL DI PERUM BULOG SUBDIVRE III SURAKARTA
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. ISIP - 2019
Program Studi : D-3 Manajemen Administrasi
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak Ilmu SOsia dan Ilmu Politik-Prodi Manajemen Administrasi-D1516007-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Is Hadri Utomo, M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.