Penulis Utama : Fajar Indra Kusuma
NIM / NIP : K1515024
×

ABSTRAK

Strategi pembelajaran berperan penting dalam keberhasilan suatu pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan keaktifan belajar siswa dan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran Tutor Sebaya pada mata pelajaran Gambar Teknik.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di kelas X DPIB A SMK N 5 Surakarta yang berjumlah 34 siswa dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Instrumen penelitian yang digunakan terdiri dari penilaian keaktifan belajar siswa dan hasil belajar siswa. Uji validitas data menggunakan expert judgement, dan analisa data menggunakan analisis deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada saat pra siklus keaktifan belajar siswa masuk dalam kategori Cukup Aktif dengan nilai 54,63 siklus I masuk dalam kategori Aktif dengan nilai 68,75 dan siklus II masuk dalam kategori Aktif dengan nilai 78,00, artinya penerapan model pembelajaran Tutor Sebaya dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa. Sedangkan hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari pra siklus, yaitu 23,52%, siklus I sebesar 44,11%, dan pada siklus II presentase ketuntasan siswa sebesar 76,47%, artinya penerapan model pembelajaran Tutor Sebaya dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa.

Kata kunci : Model Pembelajaran Tutor Sebaya,  keaktifan belajar, hasil belajar siswa

 

×
Penulis Utama : Fajar Indra Kusuma
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K1515024
Tahun : 2019
Judul : Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tutor Sebaya untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Gambar Teknik Siswa Kelas X DPIB A di SMK Negeri 5 Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2019
Program Studi : S-1 Pendidikan Teknik Bangunan
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP-Jur. Pend. Teknik Bangunan-K1515024-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Ir. Chundakus Habsya, MS. Ars,
2. Budi Siswanto S.Pd., M.Ars.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.