Penulis Utama : Firmansyah Nur Utomo
NIM / NIP : K3515024
×

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan mengetahui (1) Apakah terdapat perbedaan hasil belajar pada penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dipadu Group Investigation dengan model pembelajaran konvensional; (2) Apakah terdapat perbedaan keaktifan belajar siswa pada penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dipadu Group Investigation dengan model pembelajaran konvensional (3) Apakah penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dipadu Group Investigation lebih efektif dibandingkan pembelajaran konvensional.
Penelitian ini menggunakan metode quasi experimental design dengan model pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas X di SMK Negeri 5 Surakarta. Sampel yang digunakan adalah 70 orang. Teknik sampling yang digunakan adalah total sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan pretest posttest dan lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji  keseimbangan, uji normalitas, uji homogenitas, serta uji hipotesis.
Hasil penelitian adalah sebagai berikut. Pertama, terdapat perbedaan hasil belajar antara model pembelajaran Problem Based Learning dipadu Group Investigation dan Pembelajaran konvensional. Kedua, terdapat perbedaan keaktifan belajar antara model pembelajaran Problem Based Learning dipadu Group Investigation dan Pembelajaran konvensional. Ketiga, efektivitas model pembelajaran Problem Based Learning dipadu Group Investigation lebih tinggi daripada Pembelajaran konvensional dalam meningkatkan hasil belajar.

Kata  Kunci  :  Problem  Based  Learning,  Group  Investigation,  Pembelajaran Konvensional, Hasil Belajar, Keaktifan

 

×
Penulis Utama : Firmansyah Nur Utomo
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3515024
Tahun : 2019
Judul : Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Dipadu Group Investigation Terhadap Hasil Belajar dan Keaktifan pada Mata Pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar Siswa Kelas X di SMK N 5 Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2019
Program Studi : S-1 Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP-Jur. Pend. Teknik Informatika dan Komputer-K3515024-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Agus Efendi, M.Pd
2. Endar Suprih Wihidayat, S.T., M.Eng.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.