Penulis Utama : Bagus Guntoro
NIM / NIP : K5408020
×

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) Mengetahui nilai aksesibilitas lokasi desa. (2) Mengetahui nilai basis pengembangan desa. (3) Mengetahui nilai hierarki pelayanan. (4) Desa yang ditetapkan sebagai Desa Pusat Pertumbuhan desa. (5) Mengetahui ada atau tidaknya hubungan antara aksesibilitas lokasi, basis pengembangan dan hierarki pelayanan Tahun 2009-2013
Populasi penelitian ini adalah seluruh fasilitas ekonomi, infrastruktur jalan, tenaga kerja di Kecamatan Gemolong, Kabupaten Sragen tahun 2009-1013. Penelitian ini adalah penelitian populasi. Metode penelitian menggunakan deskriptif kuantitatif. Pengumpulan data dilaksanakan dengan teknik observasi lapangan dan dokumentasi. Analisis data menggunakan Analisis aksesibilitas lokasi, Analisis hierarki pelayanan, Analisis sektor basis pengembangan, kemudian dilanjutkan dengan Analisis korelasi tata jenjang Spearman dengan taraf signifikansi 0,05.
Hasil penelitian adalah sebagai berikut Pertama Desa Gemolong merupakan DPP-U (Atas dasar hasil aksesibilitas lokasi peringkat 1, hierarki pelayanan peringkat 1  dan sektor basis pengembangan peringkat 2 tahun 2009 –2013) Kedua Desa Ngembatpadas merupakan DPP-A (Atas dasar hasil aksesibilitas lokasi peringkat 2 , hierarki pelayanan peringkat III , dan sektor basis pengembangan peringkat 2 Tahun 2009-2013) Ketiga Ada hubungan antara aksesibilitas lokasi, basis pengembangan dan hierarki pelayanan dengan  desa pusat pertumbuhan (Ha) untuk rentang waktu 2009-2013 di Kecamatan Gemolong.

Kata Kunci : DPP-U, DPP-A, desa pusat pertumbuhan

×
Penulis Utama : Bagus Guntoro
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K5408020
Tahun : 2016
Judul : Desa Pusat Pertumbuhan di Kecamatan Gemolong Kabupaten Sragen Tahun 2013 (Sebagai Suplemen Bahan Ajar dalam Pembelajaran Geografi Sekolah Menengah Atas Kelas XII Kompetensi Dasar Menganalisis Pusat Pertumbuhan dalam Perencanaan dan Pembangunan Wilayah)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2016
Program Studi : S-1 Pendidikan Geografi
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP Jur. Pendidikan Geografi-K5408020-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs Partoso Hadi, M.Si.
2. Inna Prihartini, MS.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.