Penulis Utama : Airlangga Lour
NIM / NIP : D0113004
×

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja pelayanan administrasi kependudukan melalui mobil keliling oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota surakarta pada Car Free Day dan kelurahan yang dilaksanakan bergilir. Riset ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik trianggulasi metode, analisis data model interaktif dan pengambilan sampel menggunakan metode Purposive Sampling.

Hasil riset menunjukan bahwa kinerja pelayanan administrasi kependudukan mobil keliling di Kota Surakarta dalam aspek kualitas dilakukan dengan pelayanan yang optimal dengan kemampuan petugas yang sudah dilatih untuk melayani masyarakat. Kemudian dalam aspek kuantitas tingginya antusiasme masyarakat yang menggunakan layanan administrasi kependudukan, dan melihat minimnya frekuensi keluhan dan banyaknya pujian dari masyarakat sebagai penerima pelayanan administrasi kependudukan mobil keliling. Selanjutnya dari aspek ketepatan waktu sudah maksimal dalam pelayanannya, namun terkadang ada kendala yang ditemukan yaitu jaringan internet tidak lancar atau terputus. Dalam aspek kesesuaian biaya dalam pelayanan administrasi kependudukan mobil keliling sudah digunakan sebagaimana mestinya hanya untuk kepentingan pelayanan dari instansi  Dispenduk-capil sendiri. Terakhir dalam aspek kerjasama, ada kerjasama yang dilakukan oleh Dispendukcapil Kota Surakarta dengan pihak swasta dan instansi pemerintah terkait yang membantu  penyebarluaskan informasi tentang adanya program Administrasi Kependudukan Mobil Keliling untuk meningkatkan kepemilikan dokumen  kependudukan oleh masyarakat  sesuai dengan sasaran RPJMD Kota Surakarta tahun 2016-2021.

Atas dasar tersebut direkomendasikan sosialisasi lebih dalam kemasyarakat, sehingga masyarakat lebih sadar akan pentingnya dokumen administrasi kependudukan

Kata kunci: Kinerja, pelayanan publik, mobil keliling

×
Penulis Utama : Airlangga Lour
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D0113004
Tahun : 2020
Judul : Kinerja Pelayanan Administrasi Kependudukan (Kasus Pelayanan Mobil Keliling Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Surakarta)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. ISIP - 2020
Program Studi : S-1 Ilmu Administrasi Negara
Kolasi : 115 p.; ilus.; tab.; bib.; 28 cm.
Sumber : UNS-Fak. ISIP Program Studi Ilmu Administrasi Negara-D0113004-2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Desiderius Priyo Sudibyo, M.Si.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.