Penulis Utama : Susi Noviana
NIM / NIP : D0115081
×

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Surakarta mewujudkan suatu pelayanan publik yang berkualitas melalui program yang inovatif yaitu program SAtu Paket Urusan KependUdukan WArga Terpenuhi (SAPU KUWAT). Inovasi pelayanan publik tersebut dilakukan karena di Kota Surakarta masih banyak persoalan terkait administrasi kependudukan terutama dalam hal kepemilikan akta kelahiran. Kepemilikan akta kelahiran di Kota Surakarta sudah sangat baik, tetapi jumlah penduduk yang tidak memiliki akta kelahiran juga masih cukup tinggi. Oleh karena itu penelitian ini mendeskripsikan tentang inovasi pelayanan publik yang dilakukan melalui program sapu kuwat, khususnya dalam aspek penerimaan terhadap inovasi pelayanan publik tersebut. Dalam mendeskripsikan penerimaan inovasi pelayanan publik, atribut inovasi pelayanan publik yang digunakan mengacu pada pendapat  Rogers (2003) yaitu keuntungan relatif, kesesuain, kerumitan, kemungkinan dicoba, dan kemudahan diamati. Sumber data diperoleh dengan wawancara dan dokumentasi, pemilihan informan menggunakan purposive sampling. Teknik analisis data menggunakan model analisis interaktif Miles dan Huberman. Validitas data menggunakan triangulasi sumber.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa program sapu kuwat telah diterima oleh semua pihak, pihak penyedia layanan dan masyarakat sebagai pengguna layanan menerima program tersebut. Hal tersebut dapat dilihat dari terpenuhinya atribut-atribut teori inovasi walaupun masih juga ditemukan beberapa catatan. Program sapu kuwat telah memberikan berbagai keuntungan lebih dibandingkan dengan inovasi sebelumnya dan telah sesuai dengan nilai-nilai yang berlaku, dengan pengalaman lalu serta dengan kebutuhan pengguna inovasi. Tidak ditemukan kerumitan dalam program sapu kuwat karena program ini mudah untuk dipahami dan digunakan. Program sapu kuwat telah diuji cobakan di Kelurahan Jebres dan Kelurahan Mojosongo serta telah dikomunikasikan ke seluruh masyarakat Kota Surakarta melalui berbagai media. Hal yang masih perlu ditingkatkan dalam program sapu kuwat ini adalah ketepatan waktu penyelesaian satu paket dokumen dan peraturan yang mengatur tentang program sapu kuwat.

Kata Kunci: Inovasi Pelayanan Publik; Akta Kelahiran; Sapu Kuwat

×
Penulis Utama : Susi Noviana
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D0115081
Tahun : 2020
Judul : Inovasi Pelayanan Administrasi Kependudukan melalui Program Sapu Kuwat oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - F.ISIP - 2020
Program Studi : S-1 Ilmu Administrasi Negara
Kolasi :
Sumber : UNS-FISIP Program Studi Ilmu Administrasi Negara-D0115081-2020
Kata Kunci : Inovasi Pelayanan Publik; Akta Kelahiran; Sapu Kuwat
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Rino Ardhian Nugroho, S.Sos, M.T.I., Ph.D.
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.