Penulis Utama : Titik Susanti Rahayu
NIM / NIP : K1215047
×

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) jenis tindak tutur, (2) implikatur, (3) penerapan prinsip kerja sama, (4) relevansi wacana kampanye politik pada baliho dan spanduk kampanye calon anggota legislatif Tahun 2019 Kabupaten Ngawi sebagai materi pembelajaran Iklan dan Poster di Sekolah Menengah Pertama.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian deskriptif kualitatif bertujuan mendeskripsikan hasil analisis dengan apa adanya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode simak dan catat. Metode simak adalah menyimak secara cermat dan teliti terhadap sumber data yaitu wacana kampanye politik pada baliho dan spanduk calon anggota legislatif tahun 2019 di Kabupaten Ngawi dan teknik catat dengan pencatatan pada kartu data. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode padan. Subjek penelitian ini adalah wacana tertulis dalam baliho dan spanduk kampanye calon anggota legislatif tahun 2019 di Kabupaten Ngawi. Sedangkan objek penelitian adalah tuturan yang terdapat dalam baliho dan spanduk kampanye calon anggota legislative tahun 2019 di Kabupaten Ngawi yang berupa jenis tindak tutur, makna implikatur, dan penerapan prinsip kerjasama.
Hasil Penelitian ini adalah : (1) jenis tindak tutur dalam baliho dan spanduk kampanye calon anggota legislatif Tahun 2019 di Kabupaten Ngawi yaitu asertif, direktif, komisif, verdiktif, dan fatis; (2) implikatur dalam baliho dan spanduk kampanye calon anggota legislatif Tahun 2019 di Kabupaten Ngawi adalah mengajak, membujuk, menyindir dan mengkritik; (3) penerapan prinsip kerja sama dalam baliho dan spanduk kampanye calon anggota legislative Tahun 2019 di Kabupaten Ngawi yakni ditemukan tuturan yang mematuhi dan melanggar prinsip kerja sama; (4) baliho dan spanduk kampanye calon anggota legislatif kurang sesuai dalam materi iklan dan poster untuk siswa SMP tetapi memiliki potensi sebagai materi pembelajaran di Sekolah Menengah Atas yaitu pada kompetensi dasar 3.1 tentang menginterprtasi makna teks iklan, naik melalui lisan maupun tulisan.

Kata Kunci : tindak tutur, implikatur, prinsip kerja sama, pembelajaran iklan dan poster di SMP

 

×
Penulis Utama : Titik Susanti Rahayu
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K1215047
Tahun : 2019
Judul : Implikatur Wacana Kampanye Politik pada Baliho dan Spanduk Calon Legislatif Tahun 2019 di Kabupaten Ngawi serta Relevansinya sebagai Materi Pembelajaran Iklan dan Poster di Sekolah Menengah Pertama
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2019
Program Studi : S-1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP-Jur. Pend. Bahasa Indonesia-K1215047-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Kundharu Saddhono, S.S., M.Hum.,
2. Dra. Ani Rakhmawati, M.A., Ph.D.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.