Penulis Utama : Inung Widhyastuti
NIM / NIP : K3315030
×

Penelitian ini memiliki tujuan untuk meningkatkan: (1) kemampuan berpikir kritis dan (2) prestasi belajar siswa pada materi redoks kelas X MIPA 2 di SMA Negeri 1 Teras Boyolali tahun pelajaran 2018/2019 dengan menerapkan model pembelajaran siklus belajar (learning cycle) 5E berbantuan tutor sebaya.
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Pada setiap siklusnya memiliki empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA 2 SMA Negeri 1 Teras Boyolali tahun pelajaran 2018/2019. Data yang didapatkan yaitu prestasi belajar yang meliputi aspek pengetahuan, sikap dan keterampilan dan kemampuan berpikir kritis. Sumber data adalah guru dan siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes dan nontes, kemudian dianalisis dengan deskriptif.
Hasil pada penelitian ini menunjukkan: (1) Penerapan model pembelajaran siklus belajar (learning cycle) 5E berbantuan tutor sebaya dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas X MIPA 2 SMA Negeri 1 Teras Boyolali tahun pelajaran 2018/2019 pada materi redoks yang terlihat pada prasiklus dengan kategori tinggi dan sedang sebesar 48,57% mengalami peningkatan pada siklus I dengan kategori tinggi dan sedang sebesar 68,57% dan mengalami peningkatan juga pada siklus II dengan kategori tinggi dan sedang sebesar 100%, (2) Penerapan model pembelajaran siklus belajar (learning cycle) 5E berbantuan tutor sebaya dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas X MIPA 2 SMA Negeri 1 Teras Boyolali tahun pelajaran 2018/2019 pada materi redoks yang terlihat pada peningkatan ketuntasan siswa pada aspek pegetahuan dari siklus I sebesar 54,29% ke siklus II sebesar 85,71%. Pada aspek sikap siklus I mencapai ketuntasan sebesar 85,71% dan pada aspek keterampilan di siklus I mencapai capaian sebesar 100%.

Kata Kunci:    Penelitian Tindakan Kelas, Learning Cycle 5E, Kemampuan Berpikir Kritis, Prestasi Belajar, Redoks

 

×
Penulis Utama : Inung Widhyastuti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3315030
Tahun : 2020
Judul : Penerapan Model Pembelajaran Siklus Belajar 5E Berbantuan Tutor Sebaya untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Prestasi Belajar Siswa pada Materi Redoks Kelas X MIPA 2 SMA Negeri 1 Teras Boyolali
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2020
Program Studi : S-1 Pendidikan Kimia
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Prog Studi Pendidikan Kimia-K3315030-2020
Kata Kunci : Penelitian Tindakan Kelas, Learning Cycle 5E, Kemampuan Berpikir Kritis, Prestasi Belajar, Redoks
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Ashadi
2. Ibu Dr. Sri Retno Dwi Ariani, M.Si.
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.