Penulis Utama : Muhammad Iqbal
NIM / NIP : D1217030
×

Kelompok sudah ada sejak lama dan tidak bisa dilepaskan dari kehidupan manusia. Banyak sekali kelompok yang ada pada saat ini, mulai dari kelompok yang berdasarkan tujuan yang sama seperti kelompok belajar hingga kelompok yang didasari oleh hobby atau kesenangan yang sama seperti kelompok pengendara vespa dan kelompok pecinta suatu genre musik. Hal yang menarik terjadi pada kelompok fans Didi Kempot yang muncul ke permukaan dengan misi memberikan Didi Kempot panggung yang pantas dan mereka berhasil melakukan hal itu dalam waktu singkat.
Jenis penelitian dalam penelitian ini merupakan penelitian studi kualitatif deskriptif. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampel purposive sampling dan teknik pengumpulan data serta penganalisis data menggunakan metode wawancara yang digunakan untuk menggali data ditambah dengan observasi untuk memperkuat data yang didapat.
Hasil yang didapatkan dalam penelitian analisis SWOT strategi komunikasi komunitas sobat ambyar untuk mempopulerkan kembali Didi Kempot sebagai Godfather of Broken Heart yakni Sobat Ambyar mengaku tidak merancang sebuah strategi secara khusus dan semua hal yang terjadi mulai Juni 2019 saat Didi Kempot viral di Twitter hingga talkshow ‘ngobam’ bersama Gofar Hilman adalah sesuatu yang terjadi secara alamiah. Namun, penulis melihat dalam hal ini Sobat Ambyar telah melakukan beberapa strategi komunikasi tanpa mereka sadari karena tidak ingin “api” dari Didi Kempot padam begitu saja sehingga Sobat Ambyar melakukan berbagai macam strategi komunikasi yang efektif hingga membuat Didi Kempot populer kembali.

Kata kunci: Analisis SWOT, Strategi Komunikasi, Didi Kempot, Komunikasi Kelompok

×
Penulis Utama : Muhammad Iqbal
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D1217030
Tahun : 2019
Judul : Analisis SWOT Komunitas Sobat Ambyar (Studi Kualitatif Strategi Komunikasi Komunitas Sobat Ambyar dalam mempopulerkan kembali Didi Kempot dengan julukan “Godfather of Broken Heart”)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FISIP - 2019
Program Studi : S-1 Ilmu Komunikasi Non Reguler
Kolasi :
Sumber : UNS-FISIP Jur. Ilmu Komunikasi-D1217030-2019
Kata Kunci : Analisis SWOT, Strategi Komunikasi, Didi Kempot, Komunikasi Kelompok
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Deniawan Tommy Chandra W, S.Sos, M.I.Kom
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.