Penulis Utama : Mila Dana Ayu Kodrina
NIM / NIP : K4415035
×

Abstrak

Tujuan penelitian ini yaitu: (1) mengetahui riwayat hidup Haji Samanhudi yang berpengaruh terhadap peran Haji Samanhudi dalam pergerakan nasional tahun 1905-1916, (2) mengetahui peran Haji Samanhudi dalam Pergerakan nasional tahun 1905-1916, (3) mengetahui relevansi peran Haji Samanhudi dalam pergerakan nasional sebagai pengembangan materi pembelajaran sejarah Indonesia kelas XI di SMA.
Penelitian ini menggunakan metode historis. Sumber yang digunakan yaitu sumber primer dan sekunder berupa arsip foto dan surat kabar sezaman. Pengumpulan data dilakukan dengan dengan teknik studi pustaka. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis historis. Prosedur penelitian dilaksanakan meliputi tahap heuristik, kritik, interpretasi, dan historiografi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Riwayat hidup Haji Samanhudi merupakan faktor yang mempengaruhi kepemimpinan Haji Samanhudi sebagai tokoh pergerakan nasional. Riwayat hidup misalnya pendidikan, keluarga mempengaruhi pemikiran Haji Samanhudi bahwa Islam merupakan pedoman utama sehingga organisasi yang terbentuk juga berlandaskan konsep Islam. (2) Sosialisasi politik sosial ekonomi Haji Samanhudi telah membangun pengetahuan terkait permasalahan sosial sehingga menciptakan konsep kerakyatan, Islam dan ekonomi sebagai landasan pergerakan nasional. (3) Peran Haji Samanhudi dalam pergerakan nasional tahun 1905-1916 telah berhasil membentuk wadah perjuangan pribumi dengan teorganisir melalui pembentukan organisasi modern seperti Sarekat Islam. Haji Samanhudi menyadarkan bahwa pribumi juga harus hidup sama sejahteranya seperti orang Barat dan etnis Cina. Haji Samanhudi berhasil menanamkan benih-benih nasionalisme pada pribumi untuk bangkit melawan pemerintah kolonial. Peran Haji Samanhudi sebagai seorang perintis kebangkitan nasional di mana dalam pergerakannya bersikap kooperatif dan non kooperatif. (4) Kajian peran Haji Samanhudi dalam pergerakan nasional yang menitikberatkan di tahun 1905-1916 mengandung nilai-nilai keteladanan yang relevan dengan materi ajar Sejarah Indonesia pada kompentensi inti 2 kelas XI di SMA.

Kata Kunci : Peran Haji Samanhudi, Pergerakan Nasional, Pembelajaran Sejarah Indonesia

×
Penulis Utama : Mila Dana Ayu Kodrina
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4415035
Tahun : 2019
Judul : Peran Haji Samanhudi dalam Pergerakan Nasional Tahun 1905-1916 sebagai Sumber Pengembangan Materi Pembelajaran Sejarah Indonesia Kelas XI di SMA
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2019
Program Studi : S-1 Pendidikan Sejarah
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP Jur. Pendidikan Sejarah-K4415035-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Isawati, S.Pd, M.A.
2. Dra. Sri Wahyuni, M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.