Penulis Utama : Fransiska Nadya Santosa
NIM / NIP : D1516038
×

Penelitian ini membahas Prosedur Pendaftaran dan Penghapusan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) Orang Pribadi di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Karanganyar. Penulisan Tugas Akhir ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana  pelaksanaan  Prosedur Pendaftaran  dan  Penghapusan  NPWP  Orang Pribadi  di  KPP  Pratama  Karanganyar,  serta  menggambarkan  kendala  dan hambatan yang terjadi selama pelaksanaan.
Pengamatan ini menggunakan jenis pengamatan deskriptif dengan melakukan pengamatan melalui observasi dengan menggambarkan bagaimana pelaksanaan Prosedur Pendaftaran dan Penghapusan NPWP yang dilakukan di KPP Pratama Karanganyar khusunya yang dituangkan dengan kalimat – kalimat yang ditulis berdasarka fakta dan kondisi yang sebenarnya. Sumber data yang diperoleh berdasarkan dari wawancara (dengan pegawai), Observasi dan sumber tertulis atau arsip penunjang lainnya.
Hasil pengamatan yang telah diamati oleh penulis di KPP Pratama Karanganyar, diperoleh bahwa pelaksanaan Prosedur Pendaftaran NPWP Orang Pribadi dapat dilakukan secara manual datang ke KPP Pratama Karanganyar melalui Tempat Pelayanan Terpadu dan melalui e-Regristation yang dilengkapi dengan  pengisian  formulir  dan  pengecekan  formulir  dan  penyerahan  NPWP kepada Wajib Pajak dan Penghapusan NPWP Orang Pribadi yang dapat dilakukan secara manual saja dengan mengisi formulir, menyerahkan formulir, tahao pemeriksaan dan verfikasi, lalu memberikan hasil keputusan Penghapusan NPWP kepada Wajib Pajak, namun masih terdapat kendala yang terjadi baik dari Wajib Pajak  yang  belum  memahami  secara  baik  dan  benar  dan  dari  internal  KPP Pratama Karanganyar yakni masalah koneksi jaringan pusat.
Berdasarkan kesimpulan diatas maka diperlu disampaikan beberapa saran yaitu, meningkatkan koneksi jaringan DJP dan meningkatkan sosialisasi kepada Wajib Pajak mengenai Prosedur Pendaftaran dan Penghapusan NPWP yang baik dan benar.

 

×
Penulis Utama : Fransiska Nadya Santosa
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D1516038
Tahun : 2019
Judul : Prosedur Pendaftaran dan Penghapusan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) Orang Pribadi di Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Karanganyar
Edisi :
Imprint : Surakarta - FISIP - 2019
Program Studi : D-3 Manajemen Administrasi
Kolasi :
Sumber : UNS-FISIP Prog. DIII Manajemen Administrasi-D1516038-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Priyanto Susiloadi M.Si.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.