Penulis Utama : Diah Megasari
NIM / NIP : D1514031
×

Setiap   kegiatan   pembangunan   dan   anggaran   membutuhkan   sebuah evaluasi setiap tahunnya untuk membantu pegawai BAPPEDA dalam melaksanakan perencanaan pembangunan pada periode berikutnya maka dilakukannya evaluasi kegiatan pembangunan dan anggaran SKPD. Karena evaluasi dapat mencerminkan seberapa jauh perkembangan, pembangunan sudah sesuai target atau belum, dapat mengetahui berapa anggaran yang dibutuhkan, sehingga diwaktu yang akan datang supaya pembiayaan lebih efisien dan efektive, dapat mengetahui pembangunan tersebut sudah bermanfaat baik untuk masayarakat. Tanpa adanya evaluasi, maka tidak akan bisa mengetahui semua itu maka diperlukan evaluasi kegiatan pembangunan dan anggaran SKPD dan menggunakan prosedur yang baik sesuai dengan ketentuan agar mempermudah pegawai dalam melakukan evaluasi tersebut.

Tujuan penulisan Tugas Akhir ini adalah untuk mengetahui tentang prosedur evaluasi kegiatan pembangunan dan anggaran SKPD yang ada di BAPPEDA Kabupaten Klaten. Jenis pengamatan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan wawancara, observasi   dan   mengkaji   dokumen.   Wawancara   dilakukan   dengan   sumber informan  yang  dianggap  mengetahui  informasi  mengenai  hal  yang  diamati. Metode observasi yang digunakan yaitu observasi berperan aktif.

Hasil pengamatan menunjukan bahwa prosedur evaluasi kegiatan pembangunan  dan  anggaran  SKPD  di  BAPPEDA  Kabupaten  Klaten  terdapat empat tahapan yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap monitoring dan tahap evaluasi dan menggunakan teknik evaluasi kuesioner dan monitoring atau pengamatan langsung kelapangan.

Kesimpulan yang diambil dalam pengamatan Prosedur evaluasi kegiatan pembangunan dan anggaran SKPD terdapat kendala dalam pengumpulan berkas tetapi dengan adanya masalah tersebut prosedur evaluasi tetap berjalan dengan lancar.
Rekomendasi diutamakan untuk BAPPEDA Kabupaten Klaten untuk melakukan observasi pembangunan dan anggaran diperlukan sebuah aplikasi komputer yang bisa berupa e-monev untuk peningkatan dalam melakukan evaluasi supaya lebih efisien

×
Penulis Utama : Diah Megasari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D1514031
Tahun : 2017
Judul : Prosedur evaluasi kegiatan pembangunan dan anggaran SKPD di badan perencanaan penelitian dan pengembangan daerah (BAPPEDA) kabupaten Klaten
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. ISIP - 2017
Program Studi : D-3 Manajemen Administrasi
Kolasi :
Sumber : UNS-F. ISIP Prog D III Manajemen Administrasi-D1514031-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Djoko Purwoko, S.S., M.H
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.