Penulis Utama : Muthia Az Zahra
NIM / NIP : D1215069
×

ABSTRAK

Penggunaan media sosial di tengah masyarakat Indonesia merupakan sebuah fenomena. Pertumbuhan teknologi informasi, meningkatnya penggunaan gadget, dan koneksi broadband mobile yang terjangkau mendorong pertumbuhan akses internet di Indonesia meningkat dengan cepat. Media sosial banyak digunakan masyarakat karena dalam satu aplikasi, penggunanya dapat melakukan beragam aktivitas, seperti instant messaging, video call, menyimpan data, hingga membaca berita. Salah satunya media sosial Line yang memiliki fitur Line Today. Fitur ini menyediakan informasi dan berita dari berbagai portal online dan menampilkannya sebagai pilihan inti sari berita (news digest).
Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui hubungan yang signifikan antara motivasi penggunaan dengan pola penggunaan fitur Line Today pada media sosial Line Mahasiswa FISIP UNS, serta untuk mengetahui hubungan yang signifikan antara pola penggunaan fitur Line Today pada media sosial Line dengan kepuasan atas pemenuhan kebutuhan berita Mahasiswa FISIP UNS.
Penelitian ini merupakan penelitian korelasional kuantitatif dengan menggunakan data yang bersifat ordinal atau meliputi angka-angka yang diperoleh dari hasil survei melalui alat pengumpulan data kuisioner (angket). Peneliti menggunakan pendekatan Teori Uses and Gratification dan diuji mneggunakan uji korelasi tata jenjang Spearman.
Hasil penelitian, berdasarkan penghitungan data dengan menggunakan metode korelasi tata jenjang Spearman, diketahui bahwa hipotesa pertama dan hipotesa kedua terbukti. Hasil analisa data terhadap signifikansi hubungan antara variabel anteseden motivasi penggunaan fitur Line Today pada media sosial Line dengan variabel independen pola penggunaan fitur Line Today pada media sosial Line menunjukkan adanya korelasi. Diketahui koefisien korelasi ( ) sebesar 0.370, terletak antara 0.00 dan 1.00 atau positif. Hasil tersebut memiliki kecenderungan korelasi positif antara kedua variabel yang walaupun rendah tetapi pasti. Pada variabel independen pola penggunaan fitur Line Today pada media sosial Line dengan variabel dependen kepuasan atas kebutuhan berita, hasil analisa data menunjukkan korelasi yang signifikan pula pada keduanya. Berdasarkan penghitungan, diketahui koefisien korelasi ( ) sebesar 0.324, terlatak antara 0.00 dan 1.00 atau positif. Hasil tersebut memiliki kecenderungan korelasi positif yang walaupun rendah tetapi pasti. Dengan asumsi ditolak dan diterima maka hipotesis peneliti dapat diterima.
Kata kunci : pola penggunaan, kepuasan, media sosial, uses and gratification

×
Penulis Utama : Muthia Az Zahra
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D1215069
Tahun : 2017
Judul : Pola Penggunaan Media dan Kepuasan Pengguna (Studi Korelasi Pola Penggunaan Fitur Line Today pada Media Sosial Line dengan Kepuasan Atas Pemenuhan Kebutuhan Berita Mahasiswa FISIP UNS)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FISIP - 2017
Program Studi : S-1 Ilmu Komunikasi Non Reguler
Kolasi :
Sumber : UNS FISIP Prod. Ilmu Komunikasi-D1215069-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Hamid Arifin, M.Si,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.