Penulis Utama : Fitri Asta Pramesti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D0213041
Tahun : 2017
Judul : Zine tentang kesetaraan gender (Studi anlisis produksi pesan dalam media zine tentang kesetaraan gender karya anggota kolektif betina)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. ISIP - 2017
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. ISIP-Jur. Ilmu Komunikasi-D0213041-2017
Subyek : KESETARAAN GENDER
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

ABSTRAK

Zine merupakan media alternatif yang menjunjung kebebasan dalam berekspresi. Hal ini membuat tiap zine menjadi unik, karena tiap zinester akan memiliki cara tersendiri untuk membuat sebuah zine. Untuk itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses produksi pesan dalam zine tentang kesetaraan gender yang ditinjau dari sumber perolehan ide, gaya dalam membuat zine, pengemasan pesan zine, dan proses kreatif dari zine tentang kesetaraan gender. Berdasarkan pada teori produksi pesan Littlejohn di mana proses produksi pesan berhubungan dengan state explanation atau keadaan pikiran dan process explanation atau berhubungan dengan proses. Penelitian ini termasuk jenis kualitatif dengan metode analisis isi. Objek penelitian ini adalah zinester yang pernah membuat zine tentang kesetaraan gender, dan tergabung dalam kelompok Kolektif Betina. Pengumpulan data melalui wawancara mendalam dengan bertatap muka secara langsung dan melalui e-mail, serta analisis teks pada zine yang dibuat oleh informan. Validasi data menggunakan triangulasi sumber, dengan membandingkan hasil wawancara dengan zinester, analisis teks zine, dan observasi.
Hasil penelitian  menunjukan bahwa tiap zinester memiliki cara yang berbeda dalam proses produksi sebuah zine. Zinester mendapatkan ide dari pengalaman dan media arus utama. Selanjutnya, gaya-gaya zinester dalam membuat zine antara lain membuat zine yang tulus dan jujur, memperhatikan unsur visual, cetakan, hingga memperhatikan benang merah dari zine untuk memastikan agar pembaca dapat menangkap isi dari zine. Konten-konten dalam  zine dapat berupa artikel opini, karya sastra, karya visual, dan iklan. Pendistribusian zine dilakukan dengan dibagikan secara bebas melalui barter atau korespondensi, dijual di acara publik, distributor independen, ruang komunitas, serta platform digital seperti media sosial dan website. Selanjutnya, bahasan tentang kesetaraan gender yang diangkat ke zine antara lain: kebebasan dalam berpenampilan, stereotipe yang dilekatkan terhadap kelompok tertentu, masalah kekerasan terhadap perempuan, subordinasi perempuan dalam dunia maskulin,dan beban kerja ganda perempuan.


Kata Kunci : Zine, Kesetaraan Gender, Produksi Pesan

 

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Depan.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
Daftar Pustaka.pdf
Surat Pernyataan.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Firdastin Ruthnia Y., S.Sos,. M.Si
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP