Penulis Utama : Isnaeni Pangestuti
NIM / NIP : K5115034
×

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan punishment dan reward untuk mengurangi perilaku hiperaktif pada anak tunagrahita ringan kelas 1 di SLB – C Setya  Darma Surakarta tahun pelajaran 2018/2019.

            Penelitian ini menggunakan metode eksperimen subjek tunggal atau single subject research (SSR) dengan desain penelitian A-B-A. Subjek dalam penelitian ini adalah anak tunagrahita ringan kelas I di SLB – C Setya Darma Surakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan observasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis statistik deskriptif.

            Hasil penelitian menunjukkan adanya penurunan  perilaku hiperaktif subjek setelah diberikan intervensi menggunakan punishment dan reward. Pada baseline-1 perilaku tangan dan kaki tidak dapat diam dengan jumlah frekuensi 61 kali, pada intervensi jumlah frekuensi menjadi 69 kali dan pada baseline-2 jumlah frekuensi menurun menjadi 41 kali. Pada baseline-1 perilaku meninggalkan tempat duduk dengan jumlah frekuensi 22 kali, pada intervensi jumlah frekuensi menjadi 21 kali dan pada baseline-2 jumlah frekuensi menurun menjadi 8 kali. Pada baseline-1 perilaku berlari-lari dengan jumlah frekuensi 12 kali, pada intervensi jumlah frekuensi menjadi 7 kali dan pada baseline-2 jumlah frekuensi menurun menjadi 3 kali.

            Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan punishment dan reward  berpengaruh perilaku hiperaktif anak tunagrahita ringan kelas 1 di SLB – C Setya Darma Surakarta tahun pelajaran 2018/2019.

 

Kata Kunci : Punishment , Reward, Perilaku Hiperaktif, Anak Tunagrahita Ringan

<!--[if gte mso 9]><xml> </xml><![endif]--><!--[if gte mso 9]><xml> Normal 0 false false false EN-US X-NONE X-NONE </xml><![endif]--><!--[if gte mso 9]><xml> </xml><![endif]--><!--[if gte mso 10]> <style> /* Style Definitions */ table.MsoNormalTable {mso-style-name:"Table Normal"; mso-tstyle-rowband-size:0; mso-tstyle-colband-size:0; mso-style-noshow:yes; mso-style-priority:99; mso-style-parent:""; mso-padding-alt:0in 5.4pt 0in 5.4pt; mso-para-margin-top:0in; mso-para-margin-right:0in; mso-para-margin-bottom:10.0pt; mso-para-margin-left:0in; line-height:115%; mso-pagination:widow-orphan; font-size:11.0pt; font-family:"Calibri","sans-serif"; mso-ascii-font-family:Calibri; mso-ascii-theme-font:minor-latin; mso-hansi-font-family:Calibri; mso-hansi-theme-font:minor-latin; mso-bidi-font-family:"Times New Roman"; mso-bidi-theme-font:minor-bidi;} </style> <![endif]-->

×
Penulis Utama : Isnaeni Pangestuti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K5115034
Tahun : 2019
Judul : Pengaruh Penerapan Punishment dan Reward untuk Mengurangi Perilaku Hiperaktif pada Anak Tunagrahita Ringan Kelas 1 Di SLB C Setya Darma Surakarta Tahun Pelajaran 2018/2019
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2019
Program Studi : S-1 Pendidikan Khusus/Luar Biasa
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Luar Biasa-K5115034-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Hermawan, M.Si
2. Dewi Sri Rejeki, S.Pd,M.Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.